Senin, 25 Februari 2008

MANA YANG BENAR?

Sebagai pekerja seni, Pablo Picasso, Lord Byron, dan Dylan Thomas memiliki kreatifitas yang lebih besar dibanding umumnya orang. (Kompas)

Menurut saya tidak semua keisengan itu sifatnya negatif, walaupun konotasinya cenderung demikian. Keisengan bisa jadi medium ekspresi kreatifitas seseorang. (ronny.haryan.to: Iseng dan Kreatifitas)

Berbagai perlombaan yang melibatkan kreatifitas pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) seluruh Kabupaten Bekasi meriahkan kawasan Lippo Cikarang. (Tempo Interaktif)

Kagum banget deh, dengan para peserta yang menampilkan kreatifitasnya, walaupun sambil di guyur hujan. (dinny’s blog)

Kita mengenal kata kreatif yang diserap dari kata creative. Akhiran -ive atau -ief (Belanda) memang disesuaikan menjadi -if sehingga terbentuklah kata-kata serapan seperti kreatif, demonstratif, aktif, dan selektif. Setelah diserap, kata-kata tersebut dapat kita beri imbuhan menjadi kekreatifan, pengaktifan, dan lain-lain.
Namun, ketika menyerap sebuah istilah asing yang berakhiran, kita harus menyerap akhiran pada kata tersebut sebagai bagian kata yang utuh di dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian kata creativity akan kita serap menjadi kreativitas, bukan kreatifitas (unsur v tetap diserap menjadi v dan akhiran -ty menjadi -tas).
Contoh kata serapan lain yang senasib antara lain aktif dan aktivitas (bukan aktifitas), sportif dan sportivitas (bukan sportifitas), sensitif dan sensitivitas (bukan sensitifitas), produktif dan produktivitas (bukan produktifitas

2 komentar:

cE'9anTh mengatakan...

Sahabat..

engkau seperti lilin yang rela hancur demi memancarkan cahayamu..

Sahabat, engkau seperti batu yang tak mudah hancur oleh apapun..

Sahabat, kau seperti payung yang dapat melindungiku disaat ku hujan..

by: dian.pradani 11.is.i

tintin mengatakan...

....
demikian juga dengan Aktivasi, bukan aktifasi. Karena Bahasa Indonesia menyerap dari kata Activation. Bukan memberi imbuhan -asi pada kata aktif sehingga menjadi aktfasi.
...
biasanya, kata seperti ini dikoreksi oleh polisieyd nih, tapi sering gak keliatan sekarang..

btw, salam kenal

http://otak-analog.blogspot.com