Senin, 24 November 2008

tugas remedial ulangan ketiga

Tugas ini harap dikerjakan untuk siswa yang remedial pada ulangan harian ketiga
Carilah unsur intrinsik cerita di bawah ini...





Andai Aku Menyadarinya dari dulu…..
Pada suatu tempat, hiduplah seorang anak. Dia hidup dalam keluarga yang bahagia, dengan orang tua dan sanak keluarganya. Tetapi, dia selalu mengangap itu sesuatu yang wajar saja. Dia terus bermain, menggangu adik dan kakaknya, membuat masalah bagi orang lain adalah kesukaannya. Ketikaia menyadari kesalahannya dan mau minta maaf,dia selalu berkata, "Tidak apa-apa, besok kan bisa."
Ketika agak besar, sekolah sangat menyenangkan baginya. Dia belajar, mendapat teman, dan sangat bahagia. Tetapi, dia anggap itu wajar-wajar aja. Semua begitu sajadijalaninya sehingga dia anggap semua sudah sewajarnya. Suatu hari, dia berkelahi dengan teman baiknya. Walaupun dia tahu itu salah, tapi tidak pernah mengambil inisiatif untuk minta maaf dan berbaikan dengan teman baiknya. Alasannya, "Tidak apa-apa, besok kan bisa.
"Ketika dia agak besar, teman baiknya tadi bukanlah temannya lagi. Walaupun dia masih sering melihat temannya itu, tapi mereka tidak pernah saling tegur. Tapi itu bukanlah masalah, karena dia masih punya banyak teman baik yang lain. Dia dan teman-temannya melakukansegala sesuatu bersama-sama, main, kerjakan PR, dan jalan-jalan. Ya, mereka semua teman-temannya yang paling baik.
Setelah lulus, kerja membuatnya sibuk. Dia ketemu seorang cewek yang sangat cantik dan baik. Cewek ini kemudian menjadi pacarnya. Dia begitu sibuk dengan kerjanya, karena dia ingin dipromosikan ke posisi paling tinggi dalam waktu yang sesingkatmungkin. Tentu, dia rindu untuk bertemu teman-temannya. Tapi dia tidak pernah lagi menghubungi mereka, bahkan lewat telepon. Dia selalu berkata, "Ah, aku capek, besok saja aku hubungin mereka.."
Ini tidak terlalu mengganggu dia karena dia punya teman-teman sekerja selalu mau diajak keluar.Jadi, waktu pun berlalu, dia lupa sama sekali untuk menelepon teman-temannya. Setelah dia menikah dan punya anak, dia bekerja lebih keras agar dalam membahagiakan keluarganya. Dia tidak pernah lagi membeli bungauntuk istrinya, atau pun mengingat hari ulang tahun istrinya dan juga hari pernikahan mereka. Itu tidak masalah baginya, karena istrinya selalu mengerti dia, dan tidak pernah menyalahkannya. Tentu, kadang-kadang dia merasa bersalah dan sangat ingin punyakesempatan untuk mengatakan pada istrinya "Aku cinta kamu", tapi dia tidak pernah melakukannya. Alasannya, "Tidak apa-apa, saya pasti besok akan mengatakannya."
Dia tidak pernah sempat datang ke pesta ulang tahun anak-anaknya, tapi dia tidak tahu ini akan perpengaruh pada anak-anaknya. Anak-anak mulai menjauhinya, dan tidak pernah benar-benar menghabiskan waktu mereka dengan ayahnya. Suatu hari, kemalangan datang ketika istrinya tewas dalam kecelakaan, istrinya ditabrak lari. Ketika kejadian itu terjadi, dia sedang adarapat. Dia tidak sadar bahwa itu kecelakaan yang fatal, dia baru datang saat istrinya akan dijemput maut. Sebelum sempat berkata "Aku cintakamu", istrinya telah meninggal dunia. Laki-laki itu remuk hatinya dan mencoba menghibur diri melaluianak-anaknya setelah kematian istrinya.
Tapi, dia baru sadar bahwa anak anaknya tidak pernah mau berkomunikasi dengannya.Segera, anak-anaknya dewasa dan membangun keluarganya masing-masing. Tidak ada yang peduli dengan orang tua ini, yang di masa lalunya tidak pernah meluangkan waktunya untuk mereka.
Saat mulai renta, Dia pindah ke rumah jompo yang terbaik, yang menyediakan pelayanan sangat baik. Dia menggunakan uang yang semula disimpannya untuk perayaan ulang tahun pernikahan ke 50, 60, dan 70. Semula uang ituakan dipakainya untuk pergi ke Hawaii, New Zealand,dan negara-negara lain bersama istrinya, tapi kini dipakainya untuk membayar biaya tinggal di rumah jompo tersebut.
Sejak itu sampai dia meninggal, hanya ada orang-orang tua dan suster yang merawatnya.Dia kini merasasangat kesepian, perasaan yang tidak pernah dia rasakan sebelumnya. Saat dia mau meninggal, dia memanggil seorang suster dan berkata kepadanya, "Ah, andai saja akumenyadari ini dari dulu...." Kemudian perlahan ia menghembuskan napas terakhir, Dia meninggal dunia dengan airmata dipipinya.
=========================================================
Apa yang saya ingin coba katakan pada anda, waktu itu nggak pernah berhenti. Anda terus maju dan maju, sebelum benar-benar menyadari,anda ternyata telah maju terlalu jauh. Jika kamu pernah bertengkar, segera berbaikanlah! Jika kamu merasa ingin mendengar suara teman kamu, jangan ragu-ragu untuk meneleponnya segera. Terakhir, tapi ini yang paling penting, jika kamu merasa kamu ingin bilang sama seseorang bahwa kamu sayang dan cinta dia, jangan tunggu sampai terlambat. Jika kamu terus pikir bahwa kamu lain hari baru akanmemberitahu dia, hari ini tidak pernah akan datang. Jika kamu selalu pikir bahwa besok akan datang, maka "besok" akan pergi begitu cepatnya hingga kamu baru sadar bahwa waktu telah meninggalkanmu.

Carilah unsur-unsur intrinsik cerita tsb.


Ceritanya tentang sebuah peternakan ayam. Disana ada 25 Ayam betina dan 1 ayam jago yang umurnya sudah tua sekali. Karena merasa bahwa ayam jago yang sudah tua tadi sudah melewati masa suburnya, sipemilik peternakan memutuskan untuk membeli 1 ayam jago lagi yang masih muda. Tentu saja hal ini membuat si Ayam jago tua menjadi merasa tersaingi. Lalu terjadi percakapan seperti ini :

Si Tua : “Eh, kamu jangan serakah ya. Ayam betinanya kan ada 25. Kamu boleh ambil yang 15 sedang aku yang 10 ekor.”Si Muda: “Tidak bisa. Kamu kan sudah tua dan loyo. Pokoknya semua buat aku aja..”Si tua : “Kalau begitu mendingan kita lomba saja. Siapa yang menang boleh ambil semua ayam betina yang ada di peternakan ayam ini. Yang kalah tidak mendapat satu ekor pun.”Si Muda: “Boleh saja ! Mau lomba apa ?”Si Tua : “Lomba lari.”Si Muda: “Ok.”Si Tua : “Lombanya 400M. tapi karena aku sudah tua, aku minta untuk lari dulu di depanmu 50 meter.”Si Muda: “Boleh.” (dengan penuh keyakinan).

Kemudian lomba lari dimulai. Ayam jago tua lari dulu 50 meter baru kemudian ayam jago yang muda lari menyusul dengan kecepatan dua kali lipat. Eh, baru kurang 1 meter menyusul, si ayam jago muda ditembak langsung oleh pemilik peternakan. Apa yang di katakan pemilik peternakan tersebut ?


Pemilik : “ Kurang ajar. Ini ayam jago-homo ke sepuluh yang bulan ini aku beli. Sukanya kejar kejar si jago tua saja !!! ”

(Benar-benar pintar tapi licik & serakah ya hehehehe....)


















31 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalau ada orang lain yg ngelink blog kita tanpa sepengetahuan kita itu sebenarnya semakin bagus buat blog kita. Sebab dengan begitu blog kita akan dianggap "Penting" oleh om Google, karena Om Google melihat sebuah blog itu "penting" atau tidak dari berapa banyak blog lain yang ngelink ke blog kita. Nah kl kedudkannya udah dianggap "penting" blog kita akan semakin berada di urutan terdepan dalam hasil pencarian.
Note : verifikasi kata pada komentar kl bisa dihilangkan aja, bikin lama kl mo komen di blog ini.

Anonim mengatakan...

Tugas remedial bahasa Indonesia

Tema : Memaknai waktu
Alur : Maju
dimulai dari masa kecil sang tokoh hingga dia meninggal
Setting : Rumah, Rumah sakit, Kantor, Panti jompo
Suasana: sedih/duka
Waktu: pagi, siang, sore, malam
Tokoh : seorang laki-laki
seorang istri
anak-anak dari tokoh tersebut
Amanah : Janganlah kita menyianyiakan waktu yang ada, karena waktu akan terus berjalan tanpa kita sadari dan waktu yang sudah berlalu tidak akan terulang lagi.
Gaya bahasa : Lugas tanpa majas.Merupakan kata-kata yang bersifat denotatif
Sudiut pandanag. : Orang ke-3 (menceritakan orang lain)


CREATED BY RANI

XI.IA.1

abdul mengatakan...

UNSUR INTRINSIK

Tema : Memaknai waktu
Alur : Maju
di mulai dari saat masa kecil pria itu sampai ia meninggal.
Setting : Tempat: Rumah
Rumah sakit
Kantor
Panti jompo
Suasana: sedih,duka
Waktu: pagi-siang -sore-malam
Tokoh & penokohan : Pria itu : cuek , pekerja keras , baik
istri pria itu : penertian , baik,
Anak-anak pria itu : kurang kasih sayang , karas kepala
Amanat : Janagn pernah menunda sesuatu apabila dapat dikerjakan sekarang karena waktu terus berjalan tanpa kita sadari.
Gaya bahasa : Lugas tanpa majas merupakan kata-kata bersifat denotatif.
Sudut pandang : Orang ke-3 ( menceritakan orang lain )

dari : yessy XI IA1

abdul mengatakan...

UNSUR INTRINSIK

Tema : Memaknai waktu
Alur : Maju (dimulai dari saat masa kecil pria itu sampai ia meninggal)
Setting : -tempat = Rumah,RS,Kantor,Panti jompo
-Suasana =Sedih,duka
-Waktu =pagi-siang-sore-malam
Tokoh : -Pria itu : cuek,pekerja keras,baik
-Isteri pria itu : pengertian,baik
-Anak-anak pria itu : kurang kasih sayang,keras kepala
Amanat : Jangan pernah menunda-nunda sesuatu apabila dapat dikerjakan,karena waktu terus berjalan tanpa kita sadari.
Gaya Bahasa : Lugas,bersifat denotatif
Sudut Pandang: Orang ke-3 (menceritakan orang lain)


SEKAR AYU.T
XI ia 1

Anonim mengatakan...

Nama: Rianna Nurfatimah
Kelas: 11.ia.2

'unsur intrinsik'

*Tema: memanfaatkan waktu
*Tokoh&watak:
-seorang suami: cuek dan pekerja keras
-seorang istri: sabar dan pengertian
-anak-anknya: cuek dan tidak patuh pada perintah orang tuanya.
*Alur: Maju.
*Setting: #suasana: suka dan duka
#tempat: panti jompo,rumah sakit, dan rumah.
*Sudut pandang: Orang ketiga.
*Gaya bahasa: mudah dimengerti tanpa majas.
*Amanat: Pintar-pintarlah memanfaatkan waktu,karena tanpa disadari waktu itu sangat berharga.

Anonim mengatakan...

Nama : Erma Ainun Najah
Kelas: 11 ipa 1


'unsur intrinsik'

*Tema: memanfaatkan waktu
*Tokoh&watak:
-seorang suami: cuek dan pekerja keras
-seorang istri: sabar dan pengertian
-anak-anknya: cuek dan tidak patuh pada perintah orang tuanya.
*Alur: Maju.
*Setting: #suasana: suka dan duka
#tempat: panti jompo,rumah sakit, dan rumah.
*Sudut pandang: Orang ketiga.
*Gaya bahasa: mudah dimengerti tanpa majas.
*Amanat: Pintar-pintarlah memanfaatkan waktu,karena tanpa disadari waktu itu sangat berharga.

Anonim mengatakan...

Nama : Rizky Dharmawan
Kelas: 11 ipa 1

'unsur intrinsik'

*Tema: memanfaatkan waktu
*Tokoh&watak:
-seorang suami: cuek dan pekerja keras
-seorang istri: sabar dan pengertian
-anak-anknya: cuek dan tidak patuh pada perintah orang tuanya.
*Alur: Maju.
*Setting: #suasana: suka dan duka
#tempat: panti jompo,rumah sakit, dan rumah.
*Sudut pandang: Orang ketiga.
*Gaya bahasa: mudah dimengerti tanpa majas.
*Amanat: Pintar-pintarlah memanfaatkan waktu,karena tanpa disadari waktu itu sangat berharga.

Anonim mengatakan...

Nama : Intan Kumalasari
Kelas : XI Ia 1

~Tema : Memaknai waktu
~Alur : Maju, dimulai dari tokoh masih kecil sampai meninggal dunia.
~Setting : ~ rumah
~ sekolah
~ kantor
~ panti jompo
~Suasana : Sedih
~Waktu : Pagi, siang, sore, malam
~Tokoh : ~ seorang laki-laki
~ istri
~ anak-anak tokoh
~ teman-teman
~ perawat panti jompo
~Amanah : Kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
~Gaya bahasa : Lugas, tanpa majas dan merupakan kata-kata denotative
~Sudut pandang : Orang ke 3 (menceritakan orang lain )

Anonim mengatakan...

nama : sofyan ikhsan
kelas : 11.IA.2

tema : menghargai waktu
alur : maju
"Ketika dia agak besar, teman baiknya tadi bukanlah temannya lagi."
latar :
1. tempat : rumah, kantor, panti jompo
2. waktu : pagi, siang, sore, malam
3. suasana : suka cita dan duka
watak dan penokohan :
1.lelaki : baik, suka mengulur waktu, angkuh
2. istri : baik, dan pengertian
3. anak-anak : pengetian
4. teman baik lelaki.
5. suster
sudut pandang : orang ke-3 (tahu segalanya)
gaya bahasa : komunikatif, menggunakan bahasa sehari-hari
amanat : janganlah suka mempermainkan waktu, karena akhirnya bukan kita yang mempermainkan waktu, namun waktu yang akan mempermainkan kita. oleh karena itu, manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

Anonim mengatakan...

NAMA : DICKY UMBARA
KELAS : 11.IA.1

~TEMA :mengisi&menghargai waktu
~Tokoh& watak :
-suami: pekerja keras,dingin
-istri: penyabar
-anak : tidak patuh terhadap
perintah orang tua
~ALUR : - maju(cerita sang tokoh
dari kecil sampai meninggal)
~TEMPAT : - kantor
- panti jompo
- Rumah
- sekolah
~WAKTU : pagi,siang,sore,malam
~SUASANA :Suka & duka
~GAYA BAHASA :bahasa yang digunakan
dapat dimengerti dan
komunikatif menggunakan bahsa
sehari-hari yang lugas
~SUDUT PANDANG :ORANG KE-3
~AMANAT : janganlah menyia-nyiakan waktu yang ada karena setiap detik waktu dapat sangat berarti jika kita mengisinya dengan baik.

Anonim mengatakan...

NamA : Widyatama Putra
KelaS: 11.IPA.1

"Unsur Intrinsik"
-Tema : menghargai waktu
-Alur : maju, karena menceritakan
dari kecil hingga mati
-Setting: -Rumah Sakit
-Kantor
-Panti jompo
-Tokoh :laki-laki:tempramental
istri :pengerian ,sabar
anak :durhaka
-Suasana : duka dan suka
-Waktu :pagi ,siang, dan malam hari
-Sudut pandang : orang ke -3
-Amanat :janganlah membuang buang waktu meskipun 1 detik

maap...bu Rina, baru sekarang mengerjakannya ^^

Anonim mengatakan...

Nama : Ryan Ferdiansyah
Kelas: 11.IPA.1

-tema :memaknai waktu
-Alur :maju
-penokohan&watak:
.laki-laki:keras,tidak sabar
.perempuan:sabar dan pengertian
-seting tempat:
.rumah,kantor,sekolah,panti jompo
-waktu:pagi,siang,sore,malam
-sudut pandang:
.orang ke-3,karena dapat
mengetahui segalanya.
-Amanat: tidaklah pantas untuk mempermainkan waktu

Anonim mengatakan...

Resza H.G 11.ipa.1

unsur intrinsik

>>> Tema : memanfaatkan waktu

>>> Alur : >> Tempat : rumah,RS,Kantor,Panti jompo
>> Waktu : pagi, siang, sore, malam
>> Suasana : hening dan menyedihkan

>>> Tokoh : >> Peria itu seorang yang menganggap sesuatu yang berharga biasa saja, hingga samapi istrinya meninggal dunia
>> istri pria itu selalu mengerti keadaan suaminya.
>> anak pria itu cuek dikarnakan ayahnya yang kurang perhatian terhadap anaknya.

>>> Amanat : Jangan menyianyiakan waktu.

>>> Sudut Pandang : orang ke-3 (menceritkan orang lain)

>>> Gaya Bahasa : Lugas

Anonim mengatakan...

UNSUR INTRINSIK

Tema : Memaknai waktu
Alur : Maju (dimulai dari saat masa kecil pria itu sampai ia meninggal)
Setting : -tempat = Rumah,RS,Kantor,Panti jompo
-Suasana =Sedih,duka
-Waktu =pagi-siang-sore-malam
Tokoh : -Pria itu : cuek,pekerja keras,baik
-Isteri pria itu : pengertian,baik
-Anak-anak pria itu : kurang kasih sayang,keras kepala
Amanat : Jangan pernah menunda-nunda sesuatu apabila dapat dikerjakan,karena waktu terus berjalan tanpa kita sadari.
Gaya Bahasa : Lugas,bersifat denotatif
Sudut Pandang: Orang ke-3 (menceritakan orang lain)

*AFRILIANI
XI.IA.1

Anonim mengatakan...

abu djizny 11ia1

~Tema : Memaknai waktu
~Alur : Maju, dimulai dari tokoh masih kecil sampai meninggal dunia.
~Setting : ~ rumah
~ sekolah
~ kantor
~ panti jompo
~Suasana : Sedih
abu djizny rawi
11ia1
maaf yawh bu,saya bru krim tpi mhon di terima cz kmaren saya kira buat video puisi pdahal dah buat.
bu mhon nilai say perbaikin yawh,
saya janji semester 2 nanti akan lbh smangt lagy.

~Waktu : Pagi, siang, sore, malam
~Tokoh : ~ seorang laki-laki
~ istri
~ anak-anak tokoh
~ teman-teman
~ perawat panti jompo
~Amanah : Kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
~Gaya bahasa : Lugas, tanpa majas dan merupakan kata-kata denotative
~Sudut pandang : Orang ke 3 (menceritakan orang lain )

Anonim mengatakan...

Riesta Tria Ulfa
XI.Ia.1

~Tema : Memaknai waktu
~Alur : Maju (menceritakan sejak ia masih kecil hingga ia meninggal)
~Setting : Rumah,Kantor,Rumah sakit,Panti jompo
~Suasana : Sedih
Waktu : Pagi,Siang,Sore,Malam
~Tokoh :
*Pria: meremehkan waktu,pekerja keras,baik.
*Teman baik pria: baik
*Istri pria itu: penyabar,pengertian
* Anak pria itu: kurang mendapatkan kasih sayang,keras kepala,menyimpan dendam pada ayahnya.
~Amanat :jangan pernah menunda sesuatu karna kita tidak akan pernah tau kapan waktu akan berakhir.
~Gaya Bahasa: Lugas tanpa ada majas,& merupakan kalimat denotatif
~Sudut pandang: Orang ketiga.

Anonim mengatakan...

guKelas : IX.IA.1
Anggota: - Afriliani
- Anisha Fitriana P.K
- Lita Apriliyanti

Essai :
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wawancara ?
2. Sebutkan hal - hal yang harus diperhatikan dalam merangkum isi pembicaraan dalam wawancara !
3. Sebutkan 3 ciri dalam karya tulis ilmiah !
4. Sebutkan hal -hal yang diperlukan aktor untuk memerankan suatu pementasan drama !
5. Jelaskan tentang penggunaan ibid, op.cit., dan loc.cit !
6. Sebutkan unsur intrinsik dan non intrinsik dalam suatu drama !
7. Apa yang dimaksud dengan frasa nominal dan berikan contohnya !
8. Sebutkan tujuan tata lampu dalam pementasan suatu drama !
9. Jelaskan tugas moderator, pemakalah, dan notulis dalam suatu diskusi !
10. Tuliskan contoh laporan notula suatu rapat !
11. Sebutkan langkah - langkah dalam menyusun suatu laporan penelitian !
12. Jelaskan perbedaan catatan kaki dengan daftar pustaka, dan berikan contohnya !
13. Apa yang dimaksud dengan fakta dan opini, serta berikan contohnya !
14. Jelaskan cara menentukan watak tokoh dalam sebuah cerpen !
15. Tuliskan sebuah contoh karya tulis !

Anonim mengatakan...

1. Jelaskan apa yg dimaksud dengan frasa nominal?
2. apa yang dimaksud dengan wawancara?
3. jelaskan apa yg dimaksud catatan kaki?
4. jelaskan cara penggunaan ibid & loc cit?
5. hal apa yg harus diperhatikan pd drama?
6. sebutkan langkah-langkah dlm membuat laporan?
7. apa perbedaan paragraph deduktif dgn induktif?
8. sebutkan contoh karya tulis?
9. apa yg dimaksud opini?
10. sebutkan teknik pemeranan?
11. sebutkan peralatan dlm pementasan?
12. apa yg dimaksud biografi?
13. apa yg harus di perhatikan dlm unsure interinsik?
14. tuliskan rumus teknik membaca cepat?
15. jelaskan peran notulis?

Nama : 1. Rizky Dharmawan
2. Dicky Umbara
3. Ryan Ferdiansyah
Kelas : XI.IA.I

Anonim mengatakan...

Soal.

Essay.

1.Apa yang dimaksud dengan wawancara ?
2.Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan wawancara ?
3.Apa yang harus ditulis dalam merangkum isi pembicaraan dalam wawancara ?
4.Ada empat jenis paragraph ! sebutkan
5.Apa yang dimaksud dengan paragraph deduktif ? berikan contohnya.
6.Berikan contoh paragraph induktif ?
7.Berikan penjelasan tentang catataan kaki ?
8.Bagaimana cara membuat catataan kaki ?
9.Apa yang dimaksud dengan daftar pustaka ?
10.Apa yang dimaksud dengan EMPHASIS ?
11.Apa yang diperlukan seorang pemain drama ?
12.Berikan tiga contoh perlengkapan pementasan drama ?
13.Mengapa ilustrasi musik dan tata suara dibutuhkan dalam pementasan drama ?
14.Apa yang dimaksud peran antagonis ?
15.Apa yang dimaksud dengan protagonis ?

MUHAMMAD SYAIFUL QOHHAR
AND
RESZA HERYADHI GUMILAR
11 IPA 1

Anonim mengatakan...

1.Jika kita mengutip pendapat pengarang, kutipan tersebut diberi keterangan pada bagian halaman yang disebut …
a.Ibid
b.Notabene
c.Loc.cit
d.Foot note.
e.Memorandum
2.Novel Indonesia dan novel terjemahan memiliki perbedaan dalam hal . .
a.Watak tokoh
b.Alur cerita
c.Tema.
d.Pesan
e.Latar peristiwa
3.Cara membuat catatan kaki kecuali:
a.Referensi dengan seorang pengarang
b.Referensi dengan 2orang pengarang
c.Referensi dengan banyak pengarang
d.Buku yang terdiri dari 2 jilid
e.Inspirasi pengarang.
4.Yang termasuk unsure instrinsik yaitu,kecuali:
a.tema
b.latar
c.alur
d.amanat
e.social budaya.
5.Yang termasuk unsur ekstrinsik yaitu . . .
a.Tema
b.Alur
c.Social budaya.
d.Amanat
e.Watak
6.Berdasarkan penyajian dalam sebuah cerita terdapat berapa alur?
a.1
b.2
c.3.
d.4
e.5
7.Laporan hasildiskusi dibuat oleh . . .
a.Moderator
b.Ketua
c.Notulen.
d.Notaries
e.Seketaris
8.Rapat biasa diadakan pada saat . . .
a.Rapat osis.
b.Akad nikah
c.sunatan
d.lamaran
e.semua benar
9.Yang memimpin jalanyarapat yaitu . . .
a.Moderator.
b.Bendahara
c.Seketaris
d.Notulen
e.Semuanya salah
10.Watak tokoh dalam sebuah cerita dibagi menjadi . . .
a.5
b.4
c.3.
d.2
e.1
11.Sudut pandang “aku”yaitu sudut pandang. . .
a.kesatu.
b.kedua
c.ketiga
d.campuran
e.semua salah
12.Yang merupoakan inti dari cerita adalah
a.Tema
b.Alur
c.Amanat
d.Gaya bahasa
e.Watak
13.ringkasan bukuyang berisi pokok isinya yaitu:
a.synopsis
b.ulasan
c.kelemahan
d.tinjauan bahasa
e.penutup
14.tujuan resensi novel adalah
a.mendapatkan informasi
b.menilai isi buku
c.mengetahui kelemahan dan kelebihan buku
d.mengetahu tokohnya
e.mengetahui ketebalan buku
15.Membaca cepat disebut juga dengan
a.Quickread
b.improve
c.scanning
d.resume
e.stop


nama anggota :meita karina, mohammad nurdin, rani hidayah

kelas 11.ipa1

Anonim mengatakan...

1. apa yang dimaksud opini?
2. apa yang dimaksud pendapat?
3. apa yang dimaksud dengan fakta?
4. apa yang dimaksud unsur instrinsik?
5. sebutkan unsur intrinsik?
6. sebutkan bagian bagian dalam karya ilmiah?
7. apa yang dimaksud frasa ambigu?
8. sebutkan contoh dari frasa ambigu?
9. buatlah biografi dari seorang tokoh?
10. apa yang dimaksud konflik dalam sebuah crita?
11. buatlah sebuah notula rapat osis?
12. apa yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik?
13. sebutkan unsur ekstrinsik?
14. bagaiman cara menghitung membaca cepat?
15. buatlah sebuah karya ilmiah mengenai ikan paus?

nama anggota :meita karina, mohammad nurdin, rani hidayah

kelas 11.ipa1

Anonim mengatakan...

1.jika kita mengutip pendapat pengarang,kutipan tersebut diberi keterangan pada bagian halaman yang disebut...
a.foot note
b.ibid
c.notebene
d.momerandum
e.loc cit
2.yang bukan termasuk dari perlengkapan-perlengkapan pada pementasan adalah..
a.tata rias
b.tata pakaian
c.tata lampu
d tata dekorasi
e.motor
3.panggung yang dapat diputar disebut..
a.revolving
b.elevator
c.arena
d.konvesional
e.lift
4.novel indonesia dan novel terjemahan memiliki perbedaan dalam hal...
a.watak tokoh
b.alur cerita
c.latar peristiwa
d.pesan
e.tema
5.dibawah ini adalah hal-hal yang bukan untuk mengontrol perhatian penonton pada pementasan adalah...
a.posisi tubuh
b.daerah panggung
c.tinggi-rendahnya daerah pentas
d.tata musik
e.space
6.orang yang bertugas membuat notula adalah..
a.akademis
b.signifikan
c.notulis
d.degrasi
e.sekretaris
7.catatan singkat mengenai jalannya persidangan atau rapat serta hal yang dibicarakan dan diputuskan disebut...
a.asumsi
b.hipotesis
c.notula
d.notulis
e.jabaran
8.pakaian khusus bagi perseorangan regu olahraga,rombongan kesatuan adalah...
a.kostum
b.stage manager
c.blocking
d.dekorasi
e.emphasis
9.penulisan sumber pustaka yang benar dalam sebuah paragraf yang berisi kutipan adalah...
a.(dedi kurnia,1999:18)
b.(kurnia,1999:18)
c.(kurnia:1999,18)
d.(dedi kurnia:1999:18)
e.(1999,kurnia:18)
10.berkreasi dialam bebas sudah merupakan kebutuhan bagi masyarakat yang tinggal diwilayah perkotaan dalam kesehariaannya sudah penuh dengan ketegangan dan kebisingan.hutan kota merupakan salah satu tempat untuk melepas ketegangan dan stres sehingga memperoleh kesegaran baik jasmani dan rohani.
dalam paragraf diatas yang termasuk kalimat utama adalah..
a.berkreasi di alam bebas merupakan kebutuhan masyarakat
b.masyarakat yang tinggal dikota hidup dengan ketegangan dan kebisingan
c.masyarakat selalu tergantung pada kreasi alam
d.hutan kota merupakan salah satu tempat melepas ketegangan dan stres
e.hutan kota berada ditengah kebisingan
11.pemeliharaan dan perlindungan sesuatu dengan jalan mengawetkan,pengawetan dan kelestarian adalah...
a.abstraksi pantai
b.algae
c.bibalvia
d.konserfasi
e.gerabah
12.alat-alat dapur yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar adalah..
a.abstraksi pantai
b.algae
c.bibalvia
d.konserfasi
e.gerabah
13.penggabungan ide pokok dalm paragraf yang ada dal;am wacana yang kemudian dirangkai sesuai bahasa penulis yang terdiri dari 3/4 wacana yang ada disebut...
a.rangkuman
b.ringkasan
c.sinopsis
d.ikhtisar
e.kesimpulan
14.pernyataan berupa anggapan dasar atau postulak yang kebenaran isinya tidak perlu dibuktikan lagi disebut...
a.hipotesis
b.asumsi
c.jabaran
d.notula
e.notulis
15.seni bercocok tanam,sayur-sayuran dan buah-buahan disebut..
a,sabana
b.apresiasu
c.kukur
d.holtikultura
e.kulah

abu djizny
tika permatasari
riki syarief

Anonim mengatakan...

1.Apa yang dimaksud dengan wawancara ?
2.Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan wawancara ?
3.Apa yang harus ditulis dalam merangkum isi pembicaraan dalam wawancara ?
4.Ada empat jenis paragraph ! sebutkan
5.Apa yang dimaksud dengan paragraph deduktif ? berikan contohnya.
6.Berikan contoh paragraph induktif ?
7.Berikan penjelasan tentang catataan kaki ?
8.Bagaimana cara membuat catataan kaki ?
9.Apa yang dimaksud dengan daftar pustaka ?
10. Tuliskan contoh laporan notula suatu rapat !
11. Sebutkan langkah - langkah dalam menyusun suatu laporan penelitian !
12. Jelaskan perbedaan catatan kaki dengan daftar pustaka, dan berikan contohnya !
13. Apa yang dimaksud dengan fakta dan opini, serta berikan contohnya !
14. Jelaskan cara menentukan watak tokoh dalam sebuah cerpen !
15. Tuliskan sebuah contoh karya tulis !



abu djizni
tika permatasari
riki syarief

Anonim mengatakan...

- Sekar Ayu
- Qitoh Isnaini
- Widyatama Putra

XI. IPA . 1
PG.

1. Paragraf dapat dibedakan 3 macam , kecuali….

a. Paragraf Deduktif
b. Paragraf Induktif
c. Paragraf Deduktif-Induktif
d. Paragraf tanpa kalimat utama
e. Paragraf Deskripsi

2. Berdasarkan bobot isinya karangan dapat dibedakan, yaitu…..

a. Karangan ilmiah
b. Foot note
c. Paragraf
d. Skripsi
e. Artikel

3. Cara membuat catatan kaki, kecuali….

a. Referensi dengan seorang perngarang
b. Referensi dengan 2 orang perngarang
c. Referensi dengan 3 orang pengarang
d. Referensi dengan banyak pengarang
e. Referensi yang tidak ditulis oleh pengarang

4. Alur yang urutan peristiwanya dari masa kini ke masa mendatang disebut…

a. Alur Maju
b. Alur Mundur
c. Alur Gabungan
d. Alur Peristiwa
e. Alur Tempat

5. Watak- watak tokoh dapat diliat melalui, kecuali......

a. Lukisan bentuk lahir pelaku
b. Gambaran tentang jalan pikiran pelaku
c. Sifat pelaku
d. Reaksi tokoh terhadap peristiwa yang terjadi
e. Lukisan tentang keadaan sekitar tokoh

6. Pemberian kostum pada akotr dan aktris bertujuan untuk…..
a. menunjukan asal – usul dan status sosial
b. menjiwai karakter
c. memberikan variasi pada adegan pelaku
d. untuk menghasilkan tata panggung yang baik
e. memberikan efek alamiah

7. Rangkaian kegiatan yang menjawab berbagai permasalahan melalui penelusuran terhadap fakta yang ada di sebut…

a. Diskusi
b. Penelitian
c. Seminar
d. Musyawarah
e. Rapat

8. Yang termasuk kedalam unsure intrinsik, kecuali

a. Gagasan dasar
b. Alur
c. Latar
d. Penokohan
e. Tata Rias

9. Jalinan peristiwa yang terbentuk dari sebuah cerita disebut….

a. Latar
b. Penokohan
c. Alur
d. Perwatakan
e.Tema

10. Membaca teks drama tidak berbeda dengan membaca teks – teks lainnya, perbedaan yang tampak menonjol terdapat pada….

a. Penghayatan
b. Prolog
c. Tema
d. Dialog
e. Monolog

11. Yang termasuk frasa nominal adalah….

a. Sebuah mobil
b. Orang sakit
c. Supir bus
d. Tukang ojek
e. Tukang foto keliling

12. Sifat masing- masing tokoh diperankan/ditampilkan dalam drama secara jelas, hal ini dapat dilihat dibawah ini, kecuali…

a. Penampilannya
b. Postur tubuh
c. Gaya bicara
d. Gerak – gerik
e. Besar kecil suara

13. 2 Surjanto Puspowardoyo dan K. Bertens, Sekitar manusia : Bunga rampai tentang Filsafat manusia (Jakarta :PT Gramedia, 1982), hal. 15.
Penulisan diatas termasuk kedalam…

a. Ibid
b. Op.cit
c. Referensi dengan seorang pengarang
d. Referensi dengan 2 pengarang
e. Loc.cit

14. Ruangan tempat anak – anak tinggal berwujud sebuah bangunan yang luas. Sebuah periuk besar ada di ruangan itu jika waktu makan tiba seorang pelayang mengambil sup dari periuk itu untuk anak – anak pelayan itu dibantu seorang atau 2 orang pembantu wanita.

Latar apakah yang terdapat dalam wacana tersebut….

a. Asrama
b. Lapangan
c. Restoran
d.Di rumah Penampungan
e. Sebuah rumah yang reyot

15. Penulisan sumber pustaka yang benar dalam sebuah paragraph yang berisi kutipan adalah…..

a. (Kurnia, 1989 : 18)
b. (1989, Kurnia : 18)
c. (Dedi Kurnia, 1999 : 18)
d. (Dedi Kurnia : 1999 : 18)
e. (Kurnia : 1999 : 18)

Essay

1. Buatlah paragraph induktif ?
2. Apa yang dimaksud dengan Biografi dan Autobiografi ?
3. Banyak hal yang bias diketahui dengan membaca notula, sebutkan diantaranya !
4. Buatlah contoh rangkuman wawancara !
5. Apa yang dimaksud dengan Alur mundur dan Alur maju ?
6. Berikan 3 contoh kalimat ambigu !
7. Berikan sebuah notula lengkap pada saat rapat memperingati Hari Pahlawan !
8. Apa yang dimaksud dengan penelitian ?
9. Sebutkan unsur – unsur penulisan penelitian !
10. Apa yang dimaksud dengan Ibid dan Op.cit ?
11. Buatlah contoh penulisan Loc. Cit !
12. Tuliskan teknik – teknik pementasan !
13. Sebutkan tujuan – tujuan dari tata lampu pada drama !
14. Jelaskan perbedaan unsure intrinsic dan ekstrinsik ?
15. Sebutkan macam – macam pentas minimal 2 beserta penjelasannya !

Anonim mengatakan...

1. novel Indonesia & novel terjemahaan memiliki perbedaan dlm hal …
a. watak
b. alur
c. latar
d. pesen
e. tema

2.Disekitar Hatta selalu ada buku. Buku, sudah menjadi bagian dalam hidupnya. Setiap lembar
kertas dari bukunya dibuka secara hati-hati dan dibaca dengan cermat. Waktu di penjara, dia selalu
meminta untuk dikirimi buku. Di samping membaca, Hatta rajin pula mengarang dan menulis
buku. Setiap orang yang meminjam bukunya, selalu dicatat dalam buku: nama, tanggal meminjam,
tanggal mengembalikan, serta orang tersebut selalu diingatkan agar menjaga buku yang dipinjam
sebaik-baiknya.
Beliau tidak pernah marah kepada polisi rendahan bangsa kita sendiri, sebaliknya beliau
dapat marah besar kepada orang Belanda. Peristiwanya adalah demikian. Pada waktu beliau akan
berangkat ke Betawi (Jakarta), beliau minta agar Residen menghadap beliau, karena semua buku
yang akan dibawa ke pengasingan Digul belum seluruhnya dimuat dalam kapal yang akan
membawa beliau ke sana. Beliau marah kepada orang Belanda itu karena tidak mengurus bukubukunya
dengan baik.
Teladan yang dapat diambil dari kutipan biografi Bung Hatta adalah ....
a. rajin membaca buku
b. saat di penjara selalu minta dikirimi buku
c. marah kalau bukunya tidak diurus
d. sering marah kepada polisi

3.Jika kita mengutip pendapat pengarang, kutipan tersebut diberi keterangan pada bagian halaman yang disebut …
a.Ibid
b.Notabene
c.Loc.cit
d.Foot note.
e.Memorandum

4.Novel Indonesia dan novel terjemahan memiliki perbedaan dalam hal . .
a.Watak tokoh
b.Alur cerita
c.Tema.
d.Pesan
e.Latar peristiwa

5.Cara membuat catatan kaki kecuali:
a.Referensi dengan seorang pengarang
b.Referensi dengan 2orang pengarang
c.Referensi dengan banyak pengarang
d.Buku yang terdiri dari 2 jilid
e.Inspirasi pengarang.

6.Yang termasuk unsure instrinsik yaitu,kecuali:
a.tema
b.latar
c.alur
d.amanat
e.social budaya.
7.Berdasarkan penyajian dalam sebuah cerita terdapat berapa alur?
a.1
b.2
c.3.
d.4
e.5

8.Rapat biasa diadakan pada saat . . .
a.Rapat osis.
b.Akad nikah
c.sunatan
d.lamaran
e.semua benar

9.Watak tokoh dalam sebuah cerita dibagi menjadi . . .
a.5
b.4
c.3.
d.2
e.1

10.Sudut pandang “aku”yaitu sudut pandang. . .
a.kesatu.
b.kedua
c.ketiga
d.campuran
e.semua salah

12.Yang merupoakan inti dari cerita adalah
a.Tema
b.Alur
c.Amanat
d.Gaya bahasa
e.Watak

13.ringkasan bukuyang berisi pokok isinya yaitu:
a.synopsis
b.ulasan
c.kelemahan
d.tinjauan bahasa
e.penutup

14.tujuan resensi novel adalah
a.mendapatkan informasi
b.menilai isi buku
c.mengetahui kelemahan dan kelebihan buku
d.mengetahu tokohnya
e.mengetahui ketebalan buku

15.Membaca cepat disebut juga dengan
a.Quickread
b.improve
c.scanning
d.resume
e.stop

Nama : 1. Rizky Dharmawan
2. Dicky Umbara
3. Ryan Ferdiansyah
Kelas : XI.IA.I

Anonim mengatakan...

Kelas : IX.IA.1
Anggota : Afriliani
Anisha Fitriana P.K
Lita Apriliyanti

Pilihan ganda !
1. Di bawah ini yang bukan termasuk alur dalam suatu pementasan drama adalah...
a. alur maju
b. alur mundur
c. alur maju mundur
d. alur campuran
e. alur eksposisi
2. Jika kita mengutip pendapat pengarang, kutipan tersebut diberi keterangan pada bagian halaman yang disebut . . .
a. footnote
b. ibid
c. notabene
d. memorandum
e. loc.cit
3. Novel indonesia dan novel terjemahan memiliki perbedaan dalam hal ...
a. watak tokoh
b. alur cerita
c. latar peristiwa
d. pesan
e. tema
4. Penulisan sumber pustaka yang benar dalam sebuah paragraf yang berisi kutipan adalah ...
a. (Dedi Kurni, 1999 : 18)
b. (Kurnia, 1999:18)
c. (Kurnia: 1999,18)
d. (Dedi Kurnia:1999:18)
e. (1999, Kurnia:18)
5. Dalam suatu drama kita dapat mengetahui sifat tokoh melalui, kecuali...
a. postur tubuh
b. penampilan
c. gerak - gerik
d. mimik
e. properti
6. Buku riwayat seseorang yang ditulis oleh diri sendiri disebut...
a. riwayat hidup
b. kartu keluarga
c. autobiografi
d. biografi
e. biologi
7. Dibawah ini yang bukan termasuk bagian dalam suatu laporan penelitian ...
a. latar belakang
b. rumusan masalah
c. alur masalah
d. metode penelitian
e. kesimpulan
8. Di bawah ini termasuk urutan alur maju adalah . .
a. eksposisi-antiklimaks-klimaks-penyelesaian
b. klimaks-eksposisi-antiklimaks-penyelesaian
c. eksposisi-klimaks-antiklimaks-penyelesaian
d. antiklimkas-eksposisi-penyelesaian-klimkas
e. penyelesaian-antiklimkas-klimaks-eksposisi
9. Penarikan beberapa silogisme (pemikiran - pemikiran) kemudian dirumuskan dalam sebuah pernyataan yang bersifat umum disebut ...
a. rangkuman
b. ringkasan
c. kesimpulan
d. sinopsis
e. ikhtisar
10. Dibawah ini yang bukan merupakan karya sastra ...
a. puisi
b. prosa
c. drama
d. cerpen
e. karya ilmiah

Anonim mengatakan...

Tugas : Membuat Soal B. Indonesia Bab 3 & 4
Nama :1. Euis Puji Lestari
2. Intan Kumalasari
3. Riesta Tria Ulfa
Kelas 11. IA. 1

PILIHAN GANDA...

1.Tanya jawab dengan seseorang yamg diperlukan untuk mendapat keterangan mengenai suatu hal disebut….
a.Otoritas
b.Narasi
c.Wawancara
d.Rangkuman
e.Telewicara

2.Dibawah ini merupakan hal-hal yang diperlukan oleh actor untuk memerankan tokoh dalam sebuah drama, kecuali….
a.Imajinasi
b.Penghayatan
c.Kepekaan dalam merasakan sesuatu
d.Peralatan
e.Kualitas personal

3.I. Tata rias
II. Tata pakaian
III. Tata Lampu
IV. Karakter
V. Tata Pentas
Yang termasuk perlengkapan pementasan untuk aktor & aktris dalam sebuah drama adalah….
a.I, II, IV
b.I, II, III
c.I. II, III, V
d.II, IV, V
e.III, V

4.Jika kita mengutip pendapat pengarang, kutipan tersebut diberi keterangan pada bagian halaman yang disebut…
a.Ibid
b.Foot Note
c.Memorandum
d.Notabene
e.Loc. It

5.Catatan kaki pada umumnya dicantumkam pada ….
a.Margin atas
b.Margin bawah
c.Margin kanan
d.Margin kiri
e.Margin campuran

6.1. Tati Suryati. Biologi SMA kelas XI. (Jakarta: PT Quandra. 2006). Hal 35
2. Hirata, Andrea. 2008. Sang Pemimpi. Yogyakarta : Bentang
3. Achmad Sunarto, Loc.it
4. Ibid., II, 95
5. Wiyanto, Op. cit. hal 25
Yang termasuk daftar pustaka adalah…
a.1
b.2
c.3
d.4
e.5

7.Sayang seribu sayang demikian hatiku berceloteh ketika itu bahwa kau adalah seorang gadis desa yang sangat kolot walaupun kau seorang guru.
Penggalan kalimat diatas merupakan majas,….
a. Personifikasi
b. Alegori
c. Metafora
d. Hiperbola
e. Ironi

8.Cipto : ” Perhatikan pakaina perempuan itu. Kombinasinya norak !”
Roso : “kasihan nasib anaknya punya ibu yang norak ! IiiHh”
Cipto : ”saya yakin si suami itu pasti juga punya pribadi yang rendah. Sekarang pura-pura mereka hidup rukun. Palsu melulu. Kamu merasa tidak ? ada sesuatu yang tidak pas. Palsu dan tidak sehat.”
Roso : “ mungkinkah si istri malas memasak dan mengajak keluarganya makan di restorant.”
Watak kedua tokoh tersebut adalah…
a.selalu berfikiran negative
b.pemarah
c.sombong
d.baik
e.ramah

9.Gambaran singkat sebuah cerita adalah….
a. Ikhtisar
b. synopsis
c. kesimpulan
d. ringkasan
e. ramah

10.Renggoning : (sedang menyalakan lampu-lampu sekitar pendopo ketika Pringgolo menghampiri). “Ini diluar kebiasaan. Pertemuan akan
dilangsungkan disini pada saat purnama tepat berada di atas
kepala. Mestinya disaat itulah kau bertindak, Pringgolo”
Pringgoloyo : “Tenanglah Renggoning, tenanglah. Bermain dengan waktu harus cermat mengikuti iramanya.”
Yang menunjukkan Latar tempat adalah…
a. pendopo
b. Lampu-lampu
c. Tenang
d. Purnama diatas kepala
e. Renggoning

11. Pada soal no. 10, Latar suasananya adalah….
a. senang
b. tenang
c. cemas
d. genting
e. bahagia

12.1. Pemberitahuan Tema
2. membuat kesimpulan
3. Salam penutup
4. Menyampaikan isi semonar
5. Perkenalan kelompok
Yang termasuk tugas moderator adalah….
a. 1, 2
b. 2, 5
c. 1, 3, 5
d. 2, 3, 4
e. 4

13. Pada soal no. 12 yang merupakan tugas pemakalah adalah….
a. 1, 2
b. 2, 5
c. 1, 3, 5
d. 2, 3, 4
e. 4

14. Buku yang menceritakan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirisendiri disebut buku….
a. Autobiografi
b. Biografi
c. Geografi
d. Narasi
e. Novel

15. Penggabungan ide pokok dalam paragraph yang ada dalam wacana kemudian dirangkai/ disusun sesuai dengan bahasa penulis wacana disebut….
a. Ikhtisar
b. synopsis
c. kesimpulan
d. ringkasan
e. ramah



ESSAY

1. Apakah yang dimaksud dengan paragraph deduktif dan berikan contohnya!
2. Apa yang dimaksud dengan Biografi ?
3. Banyak hal yang bias diketahui dengan membaca notula, sebutkan diantaranya!
4. Buatlah contoh rangkuman wawancara !
5. Jelaskan perbedaan antara Alur mundur dan Alur maju ?
6. apakah yang dimaksud dg kalimat ambigu dan berikan contohnya (min. 2) ?
7. tuliskan rumus kecepatan membaca !
8. Tuliskan 5 tata cara dalam seminar ?
9. Sebutkan unsur – unsur penulisan penelitian !
10. Apa yang dimaksud dengan Ibid ?
11. Buatlah contoh penulisan Op. Cit !
12. Tuliskan teknik – teknik pementasan !
13. Tuliskan perbedaan Rangkuman dengan Ringkasan!
14. Jelaskan perbedaan unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah karya sastra !
15. Tuliskan dan jelaskan macam-macam alur !

Anonim mengatakan...

Nama : Diah Ayu Lestari
Nalah Aryanti
Kelas : 11. Ia 1

Kekerasan Teknologi

Saat situasi Timur Tengah memanas, Ahad (13/8) pihak keamanan Inggris bekerjasama dengan FBI menangkap sekitar 20 pemuda muslim warga Inggris keturunan Pakistan. Mereka disinyalir akan melakukan serangkaian peledakan pesawat-pesawat Amerika yang berangkat dari London menuju New York. Konon itu akan dilakukan tepat 5 than setelah peristiwa 11 September 2001.
Menyusul percakapan itu, Presiden W. Bush muncul didepan public. Dengan bangga dia menyatakan bahwa pemerintahanya telah berhasil menggagalkan apa yang disebutnya sebagai rencana pembunuhan masal oleh sekelompok muslim ekstrim. Tentu saja ini memberi keuntungan politik buat Bush dan partai Republik. Akhir-akhir ini gedung putih menuai kritik dan sinisme dari public Amerika akibat kebijakan perang Irak yang tidak kunjung jelas ujungnya dan sikap diam Washington terhadap serangan agresi brutal Israel.
Yang jelas bahwa dominasi Amerika dimungkinkan oleh teknologi. Jika diamati sekilas, teknologi modern memang penuh pesona. Dia menawarkan kenyamanan dan kemudahan. Akan tetapi, pada saat yang bersamaan teknologi juga menawarkan cara-cara memenuhi hasrat dan kekuasaan. Bahkan, lebih menakutkan lagi dia dengan mudah dapat menjadi alat kekerasan.
Filosof teknologi Don Idhe menulis dalam bukunya Technology of the Lifeworld bahwa teknologi bukanlah sebuah identitas yang memiliki makna permanent (fixed meaning). Gunting bisa menjadi alat memotong kain, tetapi bisa juga menjadi alat membunuh yang menakutkan. Bagaimana fungsi-fungsi kekerasan ini muncul sangat tergantung pada konteks relasi antarmanusia dan teknologi tersebut. Namun, bukan berarti teknologi adalah benda netral seperti pendapat yang mengatakan bahwa senjata bukanlah alat membunuh sebelum pelatuknya ditarik oleh seseorang.
Kekerasan adalah hasil dari imajinasi manusia dalam melihat potensi kekerasan yang melekat dalam teknologi. Dalam dunia yang penuh dengan politik dominasi yang dilakukan oleh Amerika,teknologi selalu memiliki potensi yang dapat dengan mudah ditransformasikan menjadi media kekerasan dalam mencapai tujuan-tujuan politik.
Selama kurun dua abad terakhir, Amerika telah membangun sebuah kebudayaan teknologi yang tidak pernah ada sebelumnya. Kereta api, listrik, telepon, mobil, pesawat ulang-alik hingga internet dan telepon seluler. Itu adalah contoh produk-produk teknologi yang lahir dari sitem kapitalisme Amerika yang luar biasa. Kesemuanya menawarkan berbagai mimpi-mimpi modernitas yang menjadikan manusia sebagai penguasa alam.
www.Kompas.com


A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan berikut ini!

1. Pokok pembicaraan paragraph pertama adalah…..
a. Situasi Timur Tengah memanas
b. Peledakan pesawat Amerika
c. Pesawat Amerika berangkat dari London menuju New York
d. Peristiwa 11 September 2001
e. Tanggapan Presiden Bush
2. Paragraf kedua merupakan jenis paragraph…
a. Campuran
b. Narasi
c. Deduktif
d. Induktif
e. Pesuasi
3. Ide pokok pada paragraf ketiga terdapat dalam kalimat ke….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
4. Pokok pembicaraan pada paragraf keempat adalah…
a. Gunting alat pembunuh yang menakutkan
b. Relasi antarmanusia dan teknologi
c. Teknologi adalah benda netral
d. Teknologi bukanlah sebuah identitas
e. Gedung Putih menuai kritik
5. Pokok pembicaraan paragraph kelima adalah….
a. Kekerasan adalah hasil imajinasi manusia
b. Politik dominasi Amerika
c. Keuntungan politik partai Republik
d. Dominasi Amerika dimungkinkan oleh teknologi
e. Tekologi sebagai media kekerasan dalam mencapai tujuan politik
6. Pokok pembicaran paragraph keenam adalah…
a. Amerika telah membangun kebudayaan teknologi yang belum pernah ada sebelumnya
b. Contoh produk teknologi Amerika yanhg luar biasa
c. Mimpi-mimpi modernitas yang menjadika manusia sebagai penguasa alam
d. Penangkapan 20 pemuda muslim keturunan Pakistan
e. Sikap diam Washington terhadap serangan agresi brutal Israel
7. Jika kita mengutip pendapat pengaran, kutipan tersebut diberi keterangan pada bagian halaman yang disebut…
a. ibid
b. Op.cit.
c. Loc.cit.
d. Foot note
e. Daftar pustaka
8. Penulisan daftar pustaka yang benar dibawah ini adalah….
a. Sastromiharjo, Andoyo. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor: Yudhistira
b. Sastromiharjo, Andoyo, 2007, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bogor; Yudhistira
c. Sastromiharjo, Andoyo. Bahasa dan Sastra Indonesia. 2007. Bogor: Yudhistira
d. Sastromiharjo, Andoyo. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia. Yudhistira: Bogor
e. Sastromiharjo, Andoyo. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor. 2007: Yudhistira
9. Penulisan catataan kaki yang benar dibawah ini adalah….
a. Lanny Kurniawan dan Siti Nuryuni Arti Ningsih, English Today Grade XI, (Bogor :Quadra), 2008, hal. 21
b. Lanny Kurniawan dan Siti Nuryuni Arti Ningsih, English Today Grade XI, (Bogor :Quadra), hal. 21, 2008
c Lanny Kurniawan dan Siti Nuryuni Arti Ningsih, English Today Grade XI, (Quadra:Bogor), 2008, hal. 21
d. Lanny Kurniawan. dan Siti Nuryuni Arti Ningsih. English Today Grade XI. (Bogor ;Quadra). 2008. hal. 21
e. Lanny Kurniawan dan Siti Nuryuni Arti Ningsih, English Today Grade XI, Bogor :Quadra, 2008, hal. 21
Eliana berdiri lebih tegak dan menatap Bunda.
Eliana : “Bunda hanya mengira-ngira. Dulu apakah pernah kita bicara, Bunda?”
Bunda :”Aku melihat kau setiap hari, Eli! Dari dekat setiap hari! Apa keahlianmu ? Menenun ? tidak. Memasak ? tidak. Apa, Eli ?”
Eliana :”Bunda melihat saya setiap hari?”
Percakapan diatas untuk soal nomor 10-12
10. Tulisan yang dicetak miring dalam penggalan dialog diatas disebut…
a. Monolog
b. Foot note
c. Petunjuk laku
d. Keterangan
e. Mimik
11. Apa perasaan bunda dalam dialog tersebut?
a. Bahagia
b. Sedih
c. Marah
d. Bangga
e. Heran
12. Apa perasaan Eliana dalam dialog tersebut?
a. Bahagia
b. Sedih
c. Marah
d. Bangga
e. Heran
. Herman : (Mendekati Wiji yang sedang menangis)
“Wiji kamu tidak apa-apa?”
Wiji :”(Menggelengkan kepala)
“Herman, Mengapa kamu menipu? Mengapa ? Kau pendusta?”
Herman :”Wiji tenangkan hatimu. Aku akan menjelaskan persoalannya. Kau sidah selamat dari bahaya.”
Wiji :”Apakah kau tidak menipuku, Herman?”
Herman :”Keterlambatanku menunggu disebabkan aku harus mengantar adik ke dokter. Maafkan aku, Wiji!”
Wiji :”Maafkan aku juga. Aku telah menuduhmu yang bukan-bukan.”
Percakapan diatas untuk soal dari nomor 13-15
13. Sifat Wiji dalam dialog diatas adalah….
a. Sabar
b. Bijaksana
c. Buruk sangka
d. Penipu
e. Pemarah
14. Sifat Herman dalam dialog tersebut adalah…
a. Sabar
b. Bijaksana
c. Pemarah
d. Buruk sangka
e. Penipu
15. Bagaimana latar suasana pada dialog diatas…
a. Penuh haru
b. Mengcengangkan
c. Menyedihkan
d. Menegangkan
e. Menakutkan

Essay
Peran Hutan Kota
Untuk mengendalikan berbagai pengrusakan dan pencemaran lingkungan, salah satu alternative untuk menghambat laju penurunan kualitas lingkungan hidup, khususnya pencemaran yaitu dengan mempertahankan, memelihara dan mengembangkan kawasan bervegetasi yang ada didalam ekosistem perkotaan. Hutan merupan salah satu bentuk dari kawasan bervegetasi didalam ekosistem perkotaan.
Banyak sekali manfaat hutan kota bagi lingkungan dan masyarakat perkotaan, diantaranya: 1. hutan kota dapat berfungsi meredam suara yang berasal dari kendaraan dan kegiatan proses industialisasi; 2. berperan sebagai penyejuk iklim, terutama iklim mikro (suhu, kelembaban, pengendalian antara gas CO2 dan O2; penangkal angina dan penyaring cahaya matahari); dan 3. sebagai pembersih udar dari pertikel dan debu serta bahan kimia yang dapat menggangu kesehatan kita.
Dengan demikian, diharapkan pemerintah kota bisa menyosialisasikan dan bisa mempertahankan ekstitensi hutan kota, disamping adanya kesadaran dari masyarakat perkotaan sendiri dalam upaya memelihara dan melestarikan hutan kota ini. Selain bisa menjadi objek wisata yang mengaguman, hutan kota pun akan dpat menghambat dan mengendalikan berbagai pencemaran sehingga wilayah perkotaan akan selelu terlihat bersih, indah, nyaman dan sehat.
Sumber: www.pikiran-rakyat.com,02 Mei 2005 dengan pengubahan
1. Buatlah rangkuman dari teks diatas!
2. Buatlah ringkasan dari teks diatas!
3. Tentukanlah perbedaan antara rangkuman dan ringkasan!
4. Tentukanlah ide pokok dari tiap-tiap paragraph diatas!
5. Apa tanggapan anda tentang ekosistem hutan kota yang mulai punah!
6. Buatlah notula rapat yang diselenggaran oleh OSIS mengenai hari pahlawan!
7. Perbaikilah kalimat dan frasa ambigu berikut ini!
a.Anak cerdas sedang membaca buku sejarah baru.
b.Hendra Doni pergi mengendarai mobil barunya.
8. Buatlah dialog dari dua tokoh drama yang menunjukan perilaku dan konfik batin diantara keduanya!
9. Bacalah cuplikan cerpen berikut!
Kapan-kapan itu adalah suatu sore, ketika aku sedang sibuk mengetik tugas. Kamarku diketuk orang walau seingatku sore itu aku tidak berjanji dengan siapa-siapa.
“Wah, saudara sedang sibuk rupanya.”
Tentu saja sedang sibuk. Kalau tidak sibuk, tentu tidak akan berserakn kertas-kertas di mejaku. Kalau tahu sudah sibuk, kenapa kau masih dating bertamu? Tetapi cobalah bayangkan bagaimana pula kau harus mengusir orang yang sudah berdiri dihadapanmu? Dengan membedaki mikuku setebal mungkin dengan ras ketimuran, yang terlotar dari mulutku adalah:
“Ya, begitulah.”
Nilai moral apakah yang terkandung dalam cuplikan cerpen diatas?
10. Jelaskan unsur intrinsik yang terkandung dalam cuplikan cerpen diatas!
11. jelaskan unsur ekstrinsik yang terkandung dalm cuplikan cerpen diatas!
12. “Sakit apa Mamanda Baginda Sulaiman?” Tanya Samsu
“Sakit demam dan sakit kepala.” Jawab Siti Maryam
“Baiklah, segera hamba pergi kesana,” kata Samsu, lalu masuk ke biliknya dan akan menukar pakaiannya. Tatkala itu datanglah Ali membawa sekalian buah-buahan yang dibawa Samsu. Sediakanlah sepiring untuk Engkumu dimuka dan sepiring lagi untuk engku Baginda Sulaiman! Barangkali ada nafsunya memakan buah-buahan. Telah beberapa hari ia tidak makan,” kata siti Maryam
“Baiklah,” jawab Ali
Nilai social apakah yang terkandung dalam cuplikan cerpen diatas?
13. Dimanakah latar penggalan cerpen diatas?
14. Sudut pandang apakah yang digunakan pengarang dalam cerpen diatas?
15 Buatlah ikhtisar (inti permasalahan) yang kamu buat untuk resensi novel yang kamu baca!

Anonim mengatakan...

TUGAS REMEDIAL

.Pilihan Ganda.

1. tanya jawab dengan seseorang untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu soal, untuk dimuat di massa disebut..
a. Wawancara
b. Pidato
c. Puisi
d. Ceramah
e. Khotbah

2. Menara Syahbandar yang oleh Belanda disebut Uijtkijk terletak di jalan Pasar Ikan, tidak jauh dari Museum Bahari. Dari menara yang bertingkat tiga, dapat kita lihat kapal-kapal pinisi keluar masuk pelabuhan sunda-kelapa yang berdatangan dari segenap penjuru tanah air, terutama mengangkut kayu dan bahan bangunan, serta kebutuhan pokok sehari-hari.
Paragraf tersebut merupakan paragraf...
a. Induktif
b. Deduktif
c. Campuran
d. Maju
e. Flashback

3. Dibawah ini penulisan catatan kaki yang tidak tepat ialah..
a. Lanny Kurniawan, English Today 2 (Bogor: Quadra, 2008), hal. 10
b. Dr. Andoyo Sastromihardjo, Bahasa dan sastra Indonesia SMA kelas XI (Jakarta: Yudhistira, 2007), hal. 20
c. Dr. Tati Suryati Syamsudin Subahar, Biologi SMA kelas XI (Bogor: Quadra, 2007), hal. 100
d. Agus Hermawan, BTAQ Kelas XI (Bekasi: SMA Martia Bhakti, 2006), hal. 20
e. Dra. Mirawanty Amin. Bekasi. 2008. Cara mudah belajar menulis

4. Aziz: “Dimana perempuan itu?”
Lulu: “Perempuan yang mana?”
Aziz: “Perempuan dengan bunga- bunga itu”
Lulu: “Kenapa perempuan itu begitu penting untukmu?”
Aziz: “karena dia adalah ibu….”
Ekspresi yang digambarkan oleh tokoh Lulu dalam dialog diatas adalah..
a. Marah
b. Senang
c. Penasaran
d. Takut
e. Bimbang

5. Polres Depok menempatkan penyalahgunaan narkotika dikalangan mahasiswa menjadi perhatian utama. Menurut mereka apabila hal tersebut tidak ditangani dengan segera maka generasi muda akan semakin rusak moralnya. Salah satu upaya Polres Depok unhtuk menanggulangi bahaya narkotika yaitu mengadakan penyuluhan narkoba di wilayah tersebut.
Ide pokok pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat...
a. pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
e. Kelima

6. Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ........
A. memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada
B. menjaga lingkungannya agar tetap sehat
C. perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar-pilar lainnya
D. berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
E. perilaku sehat merupakan pilar utama

7. Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf tersebut adalah ........
A. Mengapa perilaku sehat merupakan pilar paling utama?
B. Bagaimana cara menjaga agar lingkungan tetap sehat?
C. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap?
D. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan lingkungan?
E. Kapan pemerintah harus memberi pelayanan kesehatan?

8. Dengan hati dingin dicekam ketakutan, kulihat ia bersiap-siap membelaku. konsentrasinya yang intens tak menunjukan sedikit pun keraguan, meskipun ia kalah jumlah.Aku tahu kami tak bisa mengharapkan bantuan-saat ini, keluarganya sedang berjuamg mati-matianmempertahankan nyawa mereka, seperti yang ia lakukan untuk kami.
Cerita diatas menggunakan sudut pandang..
a.orang pertama diluar cerita
b.orang pertama didalam cerita
c.penulis
d.orang ketiga
e.orang kedua

9. Edward : “Kau tidak seharusnya melakukan ini. Ini terlalu bahaya bagimu!”
Bella : “Apa peduli ku? aku hanya ingin melakukan apa yang aku ingin lakukan!”
Edward : “Tapi bisakah kau berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak?”
Watak Bella pada penggalan teks drama di atas adalah..
a. Percaya diri
b. Keras kepala
c. Peduli
d. Berpikir dewasa
e. Baik hati

10. Di restoran ‘Padang”, di sebuah gazebo, Mira, Ratna dan Zahra sedang memata-matai suasana kanan-kiri, sambil makan dengan lahapnya. di sebuah meja beberapa remaja sedang makan dan minum dengan gembira. mereka bercanda dan tertawa.
Latar tempat pada penggalan cerpen diatas adalah..
a. di Padang
b. di Restoran
c. di Gazebo
d. di Meja
e. di Rumah

11. Secara umum, informasi yang diberikan pada resensi ini sudah cukup memadai walaupun tidak terdapat informasi tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Selain itu, karena materi yang disajikan cukup berat, tidak dijelaskan untuk siapa buku tersebut dibuat.
Penggalan paragraf diatas merupakan..
a. identitas novel
b. analisis resensi
c. resensi novel
d. kelebihan novel
e. kelemahan novel

12. Keadaan berubah menjadi magis. penonton seolah dibawa masuk ke alam Timur Tengah, saat lautan musik berirama padang pasir, mengalun pelan, mengiringi sejumlah penari perempuan yang berjalan diatas panggung. beberapa saat kemudian, munculah dua orang perempuan.
Penggalan paragraf diatas termasuk dalam..
a. resensi novel
b. laporan pementasan drama
c. laporan wawancara
d. notula
e. analisis drama

13. Tujuan tata pakaian dalam drama adalah sebagai berikut, kecuali..
a. membantu mengidentifikasi periode saat lakon itu dilaksanakan.
b. menunjukan waktu peristiwa
c. mengekspresikan gaya pemain
d. menambah percaya diri pemain
e. menunjukan asal-usul dan status sosial pemain

14. Dengan berolahraga, badan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit akibat kegemukan. Pikiran yang telah jenuh menjadi segar kembali dan bersemangat. Bakat dan hobi yang terpendam dapat disalurkan dan dikembangkan sehingga dapat menciptakan prestasi karena waktu luang dimanfaatkan dengan berolahraga, kita terhindari dari perbuatan yang merugikan. Karena banyak bergaul, pandangan kita tidak sempit dan sikap kita terpupuk menjadi toleran dan sportif.
Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi paragraf adalah ....
A. Itulah dampak yang kita rasakan dari berolahraga.
B. Jelaslah efek olahraga itu bagi tubuh dan jiwa kita.
C. Jadi, berolahragalah dengan teratur dan sebaik-baiknya
D. Tidak salah rupanya, semboyan "mengolahragakan masyarakat, memasyarakatkan olahraga."
E. Maka, berolahraga harus dimasyarakatkan segera.

15. Unsur – unsur pada suatu resensi novel adalah sebagai berikut, kecuali.
a. judul resensi
b. pembukaan
c. data buku
d. daftar isi
e. penutup

Essay.

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ibid, Op.cit. dan Loc.cit !
2. Apa yang dimaksud dengan penelitian ? dan sebutkan bagian-bagian pada laporan penelitian!
3. Sebutkan tiga cirri karya tulis ilmiah!
4. Berikan tiga contoh frasa nominal!
5. Sebutkan dan jelaskan macam-macam bentuk paragraf!
6. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah rangkuman!
7. Sebutkan hal-hal yang diperlukan oleh actor untuk memerankan tokoh tertentu!
8. Jelaskan perbedaan antara ringkasan dan rangkuman!
9. Sebutkan fungsi latar dalam suatu karya sastra!
10. Jelaskan perbedaan antara biografi dan autobiografi!
11. Buatlah kalimat ambigu dari:
a. Menurut adik Zahra Fauziyyah tidak masuk sekolah
12. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan notulen dalam merangkum seluruh kegiatan dalam kegiatan diskusi!
13. Jelaskan bagaimana cara untuk mengetahui watak-watak tokoh dalam sebuah novel/cerpen!
14. Apa yang dapat kita ketahui jika kita membaca sebuah notula rapat?
15. perbaikilah kalimat dan frasa ambigu berikut:
a. Menurut kabar Mira siswi SMA itu anak yang rajin.
b. Kata ayah Zahra Fauziyyah baik hati.

Mirawanty Amin
Ratna Muthya Hariyani
Zahra Fauziyyah

XI IA 1

Anonim mengatakan...

Nama:Meita nur Rizki
Kelas :XI.IS.2
'unsur intrinsik'

*Tema: memanfaatkan waktu
*Tokoh&watak:
-seorang suami: cuek dan pekerja keras
-seorang istri: sabar dan pengertian
-anak-anknya: cuek dan tidak patuh pada perintah orang tuanya.
*Alur: Maju.
*Setting: #suasana: suka dan duka
#tempat: panti jompo,rumah sakit, dan rumah.
*Sudut pandang: Orang ketiga.
*Gaya bahasa: mudah dimengerti tanpa majas.
*Amanat: Hargailah waktu sebaik-baik mungkin dan janganlah merugikan waktu itu
Sudut pandang. : Orang ke-3 (menceritakan orang lain tesebut)

Anonim mengatakan...

bu rina tukang facebookan kalo lagi ngajar...