Minggu, 24 Agustus 2008

TUGAS BAHASA INDONESIA MINGGU KEEMPAT AGUSTUS

1. 11 IIA 2 YANG BELUM MENGUMPULKAN RESENSI NOVEL , POST DISINI ...

2. 11 IIA 1 BUAT RESENSI NOVEL TERBARU BEST SELLER KIRIM KE E-MAIL

15 komentar:

Ms. D mengatakan...

Bu tugasnya nih. .
- Dian Fauziah 11 IA 2

Mipi sang para pemimpi

Judul buku : Sang pemimpi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang
Cetakan XIII : Desember 2007
Tebal buku : ix+288 halaman
Harga buku : Rp.40.000

Mungkin sebagian orang berpikir bila mimpi-mipmi yang kita miliki hanyalah mimpi yang tidak akan terwujud. Mimpi yang ada hanyalah sebuah pendorong agar bagaiman kita dapat menjalani hidup. mimpi itu sebagai penambah semangat. Yang akhirnya belum tentu bisa kita wujudkan dalam hidup ini.

Mimpi, tapi tidak semua mimpi sama dengan itu. Novel ini bercerita tentang mimpi seorang anak dalam mencapai cita-citanya, mimpinya. mereka bermimpi karena ereka yakin bahwa "Tuhan akan menggenggam mimpi-mimpi itu". Mereka tidak pernah menyerah dalam menggapainya walaupun mereka herus melewati banyak rintangan. Tapi perjuangan untuk meraih mimpi itu tidak akan pernah sia-sia.

NOvel yang berjumlah 18 BAB ini, sangat menarik. Kisah yang diangkat dari kisah nyata seorang anak yang berjuang untuk meraih mimpinya. Novel ini dikemas secara apik sehingga membuat orang menanti-nanti ceritanya. di dalam buku ini banyak bahasa daerah atau bahasa yang kurang dikenal dalam percakapan sehari-hari. Bahasa dalam novel ini adalah bahasa sehari-hari namun ada bahasa daerah asal penulis yaniu bahasa melayu.

Novel ini menawarkan cerita penggapaian mimpi. Sangat cocok untuk siswa yang suka bermimpi tentang masa depannya. dan sebagai pendorong untuk menggapai mimpnya.

Q-renz mengatakan...

haalooo ibu.....
muUph ya, tgas na aga telad.
- karren 11 ipa 2

Judul buku : I Don't Care
Pengarang : rayni N. Massardi
Penerbit : GRAMEDIA
Rilis : 2008
Halaman : 168
Bahasa : indonesia
Harga :Rp.30.000


Kumcer bergaya chicklit ini sebagian besar bercerita tentang orang-orang yang super sibuk dengan ritme gaya hidup yang super cepat. Seringkali hidup berjalan tak sesuai rencana dan terjebak dalam situasi yang tak keruan. Seakan berjalan dalam lingkaran setan, membuat ingin berteriak I DONT CARE! Rayni N Massardi, lulusan Universitas Paris III Sorbonne Nouvelle, Paris, ini berhasil memotret situasi tersebut dan mengolahnya kembali dalam bentuk cerita pendek yang ringan, menghibur, mengusik, dan terutama asyik untuk dibaca.

Sebuah potret begitu saja, dengan satu modal yang makin langka: jujur. Dan kejujuran mencuatkan situasi paling tragik dari kemanusiaan kita: apapun di dalam diri maupun di luar kita ini sebenarnya, nothing. Sebuah potret sederhana, tanpa ambisi, tanpa nafsu heroistik, tanpa pretensi literer, bahkan untuk diri atau subyektivitasnya sendiri. (Radhar Panca Dahana, budayawan, penulis)

dicky mengatakan...

sore itu awan gelap.Hujan yang turun dengan lebatnya hanya jadi pemandangan semu bagi Riska.Wajahnya yang maniez tampak kusut.Poninya menutupi sebagian matanya yang basah,tetapi bukan karna air hujan,melainkan air matanya yang turun dengan deras.Sederas hujan yang berada di depan rumahnya.Ini adalah tahun ketiganya untuk memendam rasa itu.Adrian memang tidak seganteng brad pitt.Dia hanya seorang cowo yang manies dan penuh perhatian.tapi,justru itu yang membuat riska jatuh cinta.
Semuanya berawal dari perkenalan Riska dan Adrian di kolam renang.Siang itu Riska sedang berenang didalam kompleks perumahannya.Scara tidak sengaja ketika sedang melakukan hoby nya itu,riska menabrak seorang cowo yang srdang berenang melintasi kolam.Dialah Adrian.Awalnya sangat biasa,mereka berkenalan dan bertukaran no HP.Lalu mereka pun saling tlp.Tapi semuanya mulai berubah ketika mereka bertemu untuk yang ke dua kali nya.
Malam minggu itu ian menjemput riska untuk jalan-jalan.Mereka berdua kesalah satu MAL di kawasan jakarta selatan.Riska ketika itu memakai rok remple putih dan polo shirt pink membuatnya tampak sangat feminim.Rambutnya yang dijepit setengah dan wajahnya di biarkan tanpa make up sepertinya semakin membuat Adrian terkagum-kagum.Begitupun dengan ian yang hanya menggunakan sepatu converse coklat,celana jins biru muda dan kemeja membuat mereka semakin serasi.Setelah parkir di basement,merekapun menaik ke lantai atas untuk makan.
Riska pikir,malam itu adalah malam terindah baginya.Setelah selesia makan,ian berbicara pada Riska dengan sangat akrab.Tetapi satu hal,tatapan mata Adrian.Tatapan mata yang dapat membuat Riska jadi salah tingkah.cara ian berbicara,menatap,dan memperlakukan riska sepertinya cukup spesial.tapi sayangnya tidak satu rasa pun yang terungkap malam itu.Dan hal itu berlangsung sampai 3tahun terakhir ini.ian seolah hanya menganggap riska sahabat.seorang yang dapat dijadikan tempat curhat dari mulai hobinya sampai tipe cw yang dia sukai.Bahkan tak jarang akhir-akhir ini ian sering membicarakan mirna,yang katanya teman sekelasnya.
Walau riska dan ian berbeda sekolah,jaraknya tidak terlalu jauh.Ian sering memuji dan memperlakukan riska spesial sama seprti saat malam minggu itu,tapi entah mengapa ian belum mengungkapkan isi hatinya dan masi saja suka membicarakan perempuan yang brnama mirna itu.Sedangkan riska hanya bisa memndam perasaan cinta itu walau tak jarang ia sakit karna harus menerima curhatan Adrian tentang mirna,yang katanya cw tercantik disekolanhnya dan menjadi banyak incaran cowo kelas atas termasuk adrian sendiri.
Hujan yang turun sudah mulai reda,riska memutuskan untuk masuk kedalam rumahnya sering telpon ke rumahnya yang sedang kosong berdering."kring..."
"hallo"ucap riska
"hallo ka,hey...lagi ngapain?"ucap seorang cowo dengan semringah disebrang sana."Oh,kamu ian,knp?"jawab riska yang langsung tahu kalau itu adalah suara Adrian
"ka,tahu gak,aku punya kabar gembira loh..."
"kabar gembira apa sih?"timpal riska dengan nada semringah juga.
"emmmh...aku..."
"kamu kenapa sih?"
"aku jadian sama mirna ka"
"iya,tadi siang.aku nembak dia di sizzler eh terus aku gak nyangka kalau dia nerima aku..."tambah ian dengan nada sumringah.
"Gila akhirnya setelah bertahun-tahun jomblo aku jadian juga...mirna...mirna..."
"..."
"hallo...ka...kamu masih adakan ka...hallo riska ku..."
"eh..ia..ia..aku dengerin kamu kok..."
"eh selamat ya..kapan-kapan aku mau donk dikenalin sama mirna ian.."
"oe...oke...oke!itusih gampang.kapan kamu mau ketemu sama mirna tinggal bilang aja sama aku.apa sih yang ga buat riska ku ini..."
"yaudah deh ka,aku mau telpon cw baru aku dulu ya..bye..."
kabar yang bahagia bagi adrian itu sepertinya kabar buruk bagi riska.sejumlah pertanyaan muncul di kepala riska,"apa aku kehilangan ian?"apakah aku ini miliknya?"dan berbagai pertanyaan lainnya mengenai adrian.
sebulan telah berlalu,begitupun hubungan adrian dan mirna.tetapi,sikap adrian yang terus dekat dengan riska masi membuat riska terus bertanya"siapakah aku untuk adrian?"
tak jarangian mengajak jalan riska,dan stiap riska mengingatkan bahwa sekarang ian telah punya pacar dan tidak selayaknya jalan dengannya,tapi ian slalu bilang,"ka,aku jadian sama mirna itu kan bukan berarti aku harus jadi jauh sama kamu."dan hal-hal seperti itulah yang membuat riska terus bertahan harapan-harapanya.
pada suatu siang ketika riska seedang makan di food cort bersama keluarga,tak sengaja bertemu dengan anjar,teman satu kelasnya yang kebetulan juga sedang menggandeng seorang cw.cw itu lebih tinggi dan juga lebih putih di bandingkan dengan riska.rambutnya ikal hitam dan tebal setengah punggung.berdandan sangat feminimdenagn kemeja putih dan rok hitam plussepatu putih ber hak pendek membuat sangat berbeda dengan pengunjung MAL yang lain"cie...anjar sama siapa tu...?"ucap riska yang dengan cepat sudah berada disamping meja anjar dengan cw itu.
"eh ris!kok lu ada disini?sama siapa?"jawab anjar dengan kagetnya.
"pasti sama si ian itu ya...?"tambahnya lagi."
"ih...kan dibilangin si ian itu udah punya cw tau sekarang...loh jangan suka gosip donk!"
"ya tapikan dia masih gak mau ngelepasin lu kan ris...he..he.."
"yee...apaan si loh..."dengan geramnya riska menyubit pipi anjar yang sedikit chubby itu.dan andai saja omongan anjar tiu benar.andai saja ia bisa jalan bareng dengan ian siang ini,pasti akan sangat menyenangkan.


NAMA KELOMPOK: -DICKY.s
-RAGIL
-NOVA
-SHINTA

dicky mengatakan...

BU maaf tugasnya kemaleman,masalahnya banyak bgt bu.Nilainya jangan jelek2 ya bu.

Anonim mengatakan...

kel: nuraini
Esy erlinda
Nuraini
kls: 11 is 1

tugas lebaran bhs ido:

"pantun nasihat"

ganja dibawa dari hulu,
elang terbangke sebrang.
janganlah kita dapat malu,
kelak tidak dipandang orang



"puisi"

telah lama hati ini mengecap pahitnya kehidupan.....

Telah lama hati ini
tersendiri dengan kesepian...

telah lama hati ini jenuh
dengan keputus asaan

dan telah lampula hati ini
menanti seseorang...

akankah seseorang itu akan
dtng untukku..
akankah seseorang itu
mampu menanggung
atas semua keluhan hatiku..

oh tuhan...
berikanlah jalan
petunjukmu..
hingga aku mengerti
arti cinta yang
sesungguhnya..



bu, cerpennya pnjang.. nanti kami print ja ya bu..^_^

Anonim mengatakan...

kel: Nuraini
Esy erlinda
Aldila
kls: 11 is 1

tugas lebaran bhs ido:

"pantun nasihat"

ganja dibawa dari hulu,
elang terbangke sebrang.
janganlah kita dapat malu,
kelak tidak dipandang orang



"puisi"

telah lama hati ini mengecap pahitnya kehidupan.....

Telah lama hati ini
tersendiri dengan kesepian...

telah lama hati ini jenuh
dengan keputus asaan

dan telah lampula hati ini
menanti seseorang...

akankah seseorang itu akan
dtng untukku..
akankah seseorang itu
mampu menanggung
atas semua keluhan hatiku..

oh tuhan...
berikanlah jalan
petunjukmu..
hingga aku mengerti
arti cinta yang
sesungguhnya..


"cerpen"

taruhan cinta

Sejenak suasana hening ketika Selia seorang gadis cantik, modis, dan populer di sekolah datang untuk memberi semangat pacarnya yaitu Marchel, cowok yang juga populer yang akan bertanding basket. Mereka berdua di bilng sangat cocok dan sama2 populer dan caem. Satu sisi Selia cantik dan Marchel ganteng.

Dalam pertandingan itu ada cewek yang super duper big yang ngefans banget sama Marchel yaitu aku.Namaku Vanesa,aku sebel kalau banyak orang yang bilang aku Big.Dan aku selalu aja jadi bulan bulanan Selia.

Sempat bertanya sih sama diriku sendiri mengapa aku bisa terlakhir seperti ini.Aku nyesel dengan keadaanku sendiri.Walaupun banyak kyang ngeledekin dan ngerjain aku tapi tapi ada juga yang mau jadi sahabatku yaitu Icha dan Melis.

Dalam pertandingan itu aku tidak berani untuk hadir total untuk mengamati Merchel. oleh karena itu aku nonton di sudut lapangan. saat itu Marchel terlihat caem banget. sampai suatu saat terlempar dan mengenai kepalaku saat itu aku tidak inget lagi apa yang terjadi.

saat mataku terbuka, aku dikelilingi oleh sekelompok orang yg merasa heran dan mataku langsung terpusat oleh sosok orang yang selama ini aku kagumi yaitu marchel. Walaupun aku sadar, kalau itu semua hanyalah mimpi, karena gag mungkin marchel mau dengan keadaanku yang seperti ini.
Marchel pun menolong aku ,dan memastikan bahwa aku tidak kenapa napa sampai akhirnya selia datang dan mengacaukan suasana itu. Seperti biasa selia n Tha genk nya menghina aku. namun aku dibela oleh marchel sedangkan icha dan melis hanya bisa terbengong dan tak kasih bantuan. Aku malu banget dipermalukan oleh selia didepan orang.
Aku melihat Selia dan Maerchel bertengkar. dan akhirnya Selia pun memberikan taruhan kepada Marchel dan semuanya untuk sapa saja yang bisa menurunkan berat badan ku dan yang bisa mengajaku ke promp nite. Marchel pun menerima taruhan itu karena dia tak mau kehilangan Selia.Siapa yang akan menjadi pacarnya Selia dan mendapatkan 1 mobil BMW. Selia terkenal cewe yang paling tajir dan taruhan itu berakhir sampai acara prom nite. Dan ternyata Andi juga ikut dan menjadi saingan Marchel gag nyangka kalau Andi ikut taruhan ini, Apalagi Marchel pun kaget saat Andi mengatakan bahwa dia sudah lama menyukai dan mengincar Selia saat Selia menjadi populer . Namun Hasil untuk dekat dengan Selia gagal karena Selia lebih memilih Marchel menjadi pacarnya dari pada Andi.
Aku pun langsung pergi saat Selia meremehkan aku dan menjadikan aku sarang taruhan. Semenjak kejadianitu Marchel berusaha mendekati aku. Aku senang banget saat dia memberikan perhatianpenuh padaku . Hari-hari itu sangat indah dan sangat aku impikan.
Marchel pun selalu ada disisiku dan dia mengambil hati ku dan Marchel pun mengatakan " Vanesa ternyata kamu manis juga ya apalagi kalu senyum dan bisa memperbaiki penempilan mu" mendengar itu aku langsung malu dan tersanjung.
Kejadian itu terus berlanjut, sampai akhirnya Marchel berhasil membujuku untuk diet. Awalnya aku gak mau dan marah ma dia. Tapi ini juga kebaikan aku dan kesempatanku untuk mendapatkan hati Marchel.
Andi pun melakukan berbagi cara untuk menghalangi Marchel untuk mengubah aku menjadi Princces. Tp Marchel pun berusaha menampiknya.
Marchel pun berusaha membuatku menjadi kurus, aku diajak dari cara diet, pergi untuk Yoga. Dan tiu semua berhasil, aku turun menjadi 30 kg. Berarti kini beratku 50 kg yang dulunya 80 kg. Aku jg di make over menjadi cantik.Marchelpun menjadi bengong dan sempat kaget, gak percaya dengan perubahanku yang drastis.
Aku berharap, Marchel bisa menerimaku menjadi pacarnya,aku berharap perhatiannya selama ini gak berhasil dan aku berharap dia bisa membalas rasa sayangku kepadanya.
Prom NIte pun tinggal sehari lagi,dan aku merasa prom nite Marchel pun mulai menjauh dariku.Sampai akhir acara Marchelpun menjemputku ketempat prom nite. Saat dia menungguku dirumah dia terlihat gelisah dan dia pun mengatakan maksudnya selama ini mengapa dia care sama aku. Maaf Vanesa aku tau kamu Sayang banget ma aku. Tapi aku gag bisa membalas rasa itu ke kamu. Aku hanya sayang ma Selia Selam aini aku care, itu agar aku menang dalam taruhan itu dan dia mendapatkan lagi Selia.



bu maaf ya.. td yg stu namanya aldila. eh ngetiknya nuraini lagi.

Anonim mengatakan...

Bu nih tugas resensinya....

Judul : Birunya Langit Cinta
Penulis : Azzura Dayana
Penerbit : Qish-U
Tahun : Cetakan 2, Oktober 2006
Tebal : 388 hlm.
Harga : Rp 24.000,-
Daiyah Khairunnisa alias Dey, dikenal sebagai seorang aktivis dakwah yang berprinsip. Ketika baru saja naik ke kelas 3 SMA Citra Negeri di Palembang, sahabatnya, Bella, berusaha menjodohkan Dey dengan Sir Fatah, guru Bahasa Inggris mereka yang baru dan masih muda. Dey tidak memedulikannya. Berbeda dengan Bella yang sering bergonta-ganti pacar, salah satu prinsip Dey adalah tidak berpacaran karena tidak ada konsep pacaran dalam Islam. Sir Fatah sendiri ternyata adalah lulusan pesantren di Jawa Timur yang sempat menjadi tenaga pengajar di beberapa pesantren.
Sebagai satu langkah dalam proses melupakan kisahnya dengan Sir Fatah, Dey memutuskan untuk kuliah di Bandung, tepatnya di Unpad. Dalam perjalanan dari Palembang menuju Bandung, Dey berkenalan dengan George alias Jo, seorang lelaki muda berambut agak gondrong yang merupakan teman sebangku Dey di bus. Jo berprofesi sebagai wartawan di Jakarta dan berumur beberapa tahun lebih tua dari Dey. Sepanjang perjalanan, dengan caranya yang unik dan sederhana, Jo berusaha menghibur Dey yang masih merasa kacau. Sebelum berpisah, Jo memberikan kartu nama adik perempuannya di Cirebon supaya Dey bisa menghubungi adiknya.
Pada akhirnya, Dey diharuskan untuk memilih. Ia terjebak dalam lingkaran cinta tiga orang laki-laki: Jo, lelaki dewasa yang mapan dan serius memperbaiki diri untuk lebih dekat dengan-Nya; Reno, teman Dey di Rohis SMA dulu yang walaupun masih kuliah, tetapi telah memiliki pekerjaan dan siap menikah; serta Sir Fatah, masa lalunya yang kembali hadir kini.
Dengan keikutsertaannya dalam organisasi penulis nusantara dan mancanegara tersebut, minat dan bakat menulisnya mulai terasah. Pada 2003, ia berhasil menjadi juara ketiga Sayembara Penulisan Novel Remaja tingkat nasional Gema Insani Press 2003, dengan novel remaja berjudul Alabaster yang mengambil setting di Canberra dan Adelaide, Australia. Di akhir 2004, cerpen “Lampion” menyabet penghargaan terbaik kedua dalam Festival Kreativitas Pemuda yang diadakan atas kerjasama Creative Writing Institute, Direktorat Kepemudaan dan Diknas, serta dibukukan dalam antologi Dari Zefir sampai Puncak Fujiyama (CWI, 2004).

Seperti yang diutarakan Salim A.Fillah dalam sampul buku Birunya Langit Cinta ini, kisah Dey dan tiga orang lelaki dalam hidupnya ini memang senikmat susu coklat. Aromanya harum mewangikan cinta, gizinya memperkaya jiwa. Hangat, memikat! Bacalah, hiruplah keharuman aromanya, teguklah sedikit demi sedikit susu coklat yang penuh gizi ini, dan niscaya Anda akan bisa memaknai birunya langit cinta dari perspektif yang berbeda.

kami minta maaf bu.... resensinya baru di kirim sekarang ^^

Nama kelompok:M. Nurdin
Rani Hidayah
Sekar A.
Widyatama .P

Anonim mengatakan...

buu maaf telat yaa..
- Hebie W 11 ipa 2


Laskar Pelangi

Penulis : Andrea Hirata
Negara :Indonesia
Bahasa : Indonesia
Penerbit :*Yogyakarta: Bentang Pustaka
Tanggal terbit :2005
Halaman :xxxiv, 529 halaman



Ini adalah kisah heroik kenangan 11 anak Belitong yang tergabung dalam ”Laskar Pelangi”: Syahdan, Lintang, Kucai, Samson, A Kiong, Sahara, Trapani, Harun, Mahar, Flo dan sang penutur cerita – Ikal. Andrea Hirata, yang tak lain adalah Ikal, dengan cerdas mengajak pembaca mengikuti tamasya nostalgia masa kanak-kanak di pedalaman Belitong yang berada dalam kehidupan kontras: kaya dengan tambang timah, tapi rakyatnya tetap miskin dalam kesehariannya.

Ini adalah cerita tentang semangat juang menyala-nyala dari anak-anak kampung Belitong untuk mengubah nasib melalui sekolah, yang harus mereka dapat dengan terengah-engah. Sebagian besar orang tua mereka lebih suka melihat anak-anaknya bekerja membantu orang tua di ladang, atau bekerja menjadi buruh kasar di PN Timah, daripada sekolah yang tak jelas masa depannya.

Derita sekolah itu tergambar jelas ketika SD Muhammadiyah di kampung miskin itu terancam tutup kalau murid baru sekolah itu tidak mencapai 10 orang. kesebelas anak itulah yang telah menyelamatkan masa depan suar pendidikan yang hampir redup digilas ekonomi.

Kesebalas anak itu memiliki keunikan masing-masing. Diantara 11 anak Laskar Pelangi itu, Lintang dan Mahar adalah 2 diantara yang paling menonjol. Lintang jenius dalam bidang eksakta, Mahar ahli di bidang seni budaya. Mereka seolah mewakili otak kanan dan otak kiri manusia. Lintang memiliki semangat juang yang tiada tara dalam belajar. Dia rela menempuh perjalanan dengan kereta angin sejauh 80 km pergi pulang demi dapat memuaskan dahaga ilmu pegetahuan. Saking semangatnya hingga akan tercium karet terbakar dari sepatunya yang aus digerus pedal sepeda. Jika ada aral melintang di jalan dan terlambat sampai sekolah, tiada masalah baginya, asal dapat menyanyikan lagu ”Padamu Negeri” pada akhir jam pelajaran.

Novel Laskar Pelangi penuh dengan taburan wawasan yang luas bak samudra dari penulisnya yang paham betul tentang ilmu eksakta, seni budaya, dan humaniora. Kita akan dibuat tersenyum geli dari humor kecil yang dilontarkannya, terharu dan bahkan menangis ketika membaca kisah heroik kesebelas anak Laskar Pelangi.

Filicium adalah pohon yang menjadi saksi seluruh drama kehidupan Laskar Pelangi. Pohon itu menaungi sekolah mereka yang hampir roboh. Pohon itu menjadi markas setiap pertemuan mereka: membicarakan soal-soal di sekolah, merancang karya untuk festival 17 Agustus, atau tempat Lintang memberi kuliah tentang ilmu fisika. Pohon itu pulalah yang menjadi saksi kerinduan Ikal pada gadis manis keturunan cina, anak pemillik toko Sinar Harapan yang memiliki jari lentik dan kuku cantik.

Anak-anak Laskar Pelangi itu hidup dalam kebahagiaan masa kecil dan menyimpan mimpi masing-masing untuk hari esok. Tapi siapa yang sanggup melawan sang nasib? Dua belas tahun kemudian, Ikal menyaksikan perubahan nasib teman-temannya yang sungguh diluar dugaan. Sang nasib sungguh menjadi sebuah misteri yang maha gelap. Anak-anak Laskar Pelangi itu boleh punya cita-cita setinggi langit, tapi nasib jualah yang menentukan episode kehidupan mereka selanjutnya. Sang nasib bisa jadi adalah ketiadaan kepedulian pemerintah akan bibit-bibit unggul mutiara anak bangsa yang harus terhempas oleh himpitan ekonomi. Mereka adalah anak-anak harapan bangsa yang terpaksa harus tunduk oleh gilasan nasib yang semestinya bisa diupayakan oleh pemerintah yang punya amanah dan kuasa untuk memajukan pendidikan.

Lintang, sang jenius itu misalnya kini harus terpuruk jadi sopir tronton karena harus menjadi tulang punggung keluarga, menjadi pengganti ayahnya. Tapi Lintang punya jawaban, ” jangan sedih Ikal, paling tidak aku telah memenuhi harapan ayahku agar tidak jadi nelayan….” Bagi Ikal, kata-kata itu semakin menghancurkan hatinya, ia marah, kecewa pada kenyataan begitu banyak anak pintar yang harus berhenti sekolah karena alasan ekonomi. Ia mengutuki orang-orang bodoh sok pintar yang menyombongkan diri, dan anak-anak orang kaya yang menyia-nyiakan kesempatan pendidikan.

Kekuatan novel ini terletak pada sentilan humaniora tentang pentingnya pendidikan sekolah dan sekaligus kuatnya moral agama. Novel ini wajib baca bagi generasi muda yang terlena dengan gelimang kemudahan ekonomi dan tak lagi kenal jerih payah untuk menggapai masa depan. Novel ini juga wajib baca bagi para pendidik, bagi pemerintah yang selalu alpa pada pentingnya pendidikan. Buah dari kealpaan itu diantaranya adalah, kini kita menjadi bangsa yang sering menjadi bahan olok-olok oleh bangsa lain, karena kita rajin mencetak manusia yang tak punya kualitas.

Kelemahan novel ini, menurut saya, hanya terletak pada cara mengakhiri cerita. Semestinya, novel ini sudah ditutup pada bab 33: Anarkonisme, yang menceritakan kejatuhan Babel (Bangka Belitung) yang dulu bergelimbang Timah. Bab 34: Gotik, menurut saya menjadi ekor cerita yang membingungkan. Karena penutur ”Aku” secara tiba-tiba menjadi orang lain, dan bukan lagi Ikal. Bab 34 ini menjadi sebuah kemubaziran. Sama persis seperti seorang pelukis yang seharusnya berhenti menguaskan catnya pada bidang lukis yang sudah sempurna, tapi kemudian menjadi berantakan karena sebuah goresan yang tidak perlu.

Anonim mengatakan...

ibu nie tugas mega & intan
jang lupa nilai ya bu...

SURAT PERJANJIAN

Yang bertanda tangan di bawah ini Intan nurlisda Alamat Jalan Camar 4 no.10 blok A 12 perum Mangn Jaya Indah 2 Tambun Selatan yang selanjutnya disebut Pihak Pertama. Dan Mega Dwijayanti, Alamat Jalan Patriot Raya no.73 Bekasi Barat, yang selanjutnya disebut Pihak Kedua.
Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengadakan perjanjian jual beli, yang diatur sebagai berikut.
Pasal 1
Pihak Pertama setuju menyediakan dan menjual kepada Pihak Kedua
Sebidang Tanah beserta Bangunan seluas 250m2 dengan harga Rp. 500.000.000,- bertepatan di Jalan H.Agus Salim no.234 blok A Bandung
Pasal 2
Mulai hari ini obyek jual beli yang di uraikan dalam surat ini telah menjadi milik Pihak Kedua dan karenanya segala keuntungan yang di dapat dari, dan segala kerugian/beban atas obyek jual beli tersebut di atas menjadi hak/beban Pihak Kedua.
Pasal 3
Pihak Pertama menjamin, bahwa obyek jual beli tersebut di atas tidak tersangkut dalam suatu sengketa, bebas dari sitaan, tidak tercatat dalam sertifikat, dan bebas dari beban-beban lainnya yang berupa apapun.
Pasal 4
Mengenai jual beli ini telah di izinkan pemindahan hak dari Pihak Pertama kepada Pihak Kedua.
Pasal 5
Pihak Kedua dengan ini menyatakan bahwa dengan jual beli ini kepemilikan tanahnya tidak melebihi ketentuan maksimum penguasaan tanah menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Pasal 6
Jika dalam perjanjian ini timbul suatu permasalahan, maka permasalahan ini pada taraf pertama akan di selesaikan secara kekeluargaan. Namun, bila ternyata gagal, maka permasalahan akan diselesaikan menurut hukum yang berlaku.
Pasal 7
Surat perjanjain ini dibuat di atas kertas segel Rp.6.000,oo ditandatangani dan dibuat rangkap dua, masing-masing pihak memegang satu buah dengan kekuatan hukum yang sama.

Bandung,4 mei 2007


Pihak Pertama Pihak Kedua






Intan Nurlisda Mega Dwijayanti


saksi-saksi:
1. Andri yanto, alamat jalan sendang Jaya no.34 Bandung
2. Alia Nuril, alamat jalan Padamulya no. 56 Bandung
3. Nuraini agustin, alamat jalan Karang Pandan no.78 Bandung

Anonim mengatakan...

ibu nie tugas MEGA DAN INTAN
11 IPA 2 MAAF TELAT...
TAPI JANGAN LUPA DI NILAI YA IBU


SURAT PERJANJIAN

Yang bertanda tangan di bawah ini Intan nurlisda Alamat Jalan Camar 4 no.10 blok A 12 perum Mangn Jaya Indah 2 Tambun Selatan yang selanjutnya disebut Pihak Pertama. Dan Mega Dwijayanti, Alamat Jalan Patriot Raya no.73 Bekasi Barat, yang selanjutnya disebut Pihak Kedua.
Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengadakan perjanjian jual beli, yang diatur sebagai berikut.
Pasal 1
Pihak Pertama setuju menyediakan dan menjual kepada Pihak Kedua
Sebidang Tanah beserta Bangunan seluas 250m2 dengan harga Rp. 500.000.000,- bertepatan di Jalan H.Agus Salim no.234 blok A Bandung
Pasal 2
Mulai hari ini obyek jual beli yang di uraikan dalam surat ini telah menjadi milik Pihak Kedua dan karenanya segala keuntungan yang di dapat dari, dan segala kerugian/beban atas obyek jual beli tersebut di atas menjadi hak/beban Pihak Kedua.
Pasal 3
Pihak Pertama menjamin, bahwa obyek jual beli tersebut di atas tidak tersangkut dalam suatu sengketa, bebas dari sitaan, tidak tercatat dalam sertifikat, dan bebas dari beban-beban lainnya yang berupa apapun.
Pasal 4
Mengenai jual beli ini telah di izinkan pemindahan hak dari Pihak Pertama kepada Pihak Kedua.
Pasal 5
Pihak Kedua dengan ini menyatakan bahwa dengan jual beli ini kepemilikan tanahnya tidak melebihi ketentuan maksimum penguasaan tanah menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Pasal 6
Jika dalam perjanjian ini timbul suatu permasalahan, maka permasalahan ini pada taraf pertama akan di selesaikan secara kekeluargaan. Namun, bila ternyata gagal, maka permasalahan akan diselesaikan menurut hukum yang berlaku.
Pasal 7
Surat perjanjain ini dibuat di atas kertas segel Rp.6.000,oo ditandatangani dan dibuat rangkap dua, masing-masing pihak memegang satu buah dengan kekuatan hukum yang sama.

Bandung,4 mei 2007


Pihak Pertama Pihak Kedua






Intan Nurlisda Mega Dwijayanti


saksi-saksi:
1. Andri yanto, alamat jalan sendang Jaya no.34 Bandung
2. Alia Nuril, alamat jalan Padamulya no. 56 Bandung
3. Nuraini agustin, alamat jalan Karang Pandan no.78 Bandung

Anonim mengatakan...

Bu rina nich tugasnya... maaf telat ya... - Nurachmad Rp 11 IS 2

Judul : Tuntunan Shalat di Kala Sakit
Penulis : Dr. Sa'id bin Ali bin Wahf Al Qahthani
Penerjemah : Sufyan Al Atsary
Penerbit : At Tibyan - Solo
Cetakan : -
Halaman : 80 halaman


Bila Anda tidak pernah sakit dan yakin di masa depan tidak bisa sakit, maka
Anda tidak perlu mengetahui cara shalat di kala sakit. Tetapi bila
sebaliknya, maka sudah saatnya Anda mengetahui dan paham tentang cara cara
shalat di saat kondisi tubuh Anda sedang lemah. Karena Allah tetap
memerintahkan bagi setiap muslim untuk shalat meskipun dia sedang sakit.
Tetapi Allah dengan sifat Nya yang Maha Penyayang, memberikan kemudahan dan
keringanan bagi seorang muslim yang sedang sakit dalam melaksanakan shalat.
Inilah yang dibahas di buku ini.

Dr. Said bin Ali bin Wahf Al Qahthani membagi buku ini menjadi delapan
bahasan, yaitu:

Pertama
Definisi sakit

Kedua
Kesabaran orang yang sakit dan harapan balasan yang baik di sisi Allah

Ketiga
Seorang muslim memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah (di dunia dan
akhirat, bukan memohon cobaan atau musibah)

Keempat
Memanfaatkan masa sehat untuk memperbanyak amal shalih; (agar tertulis
sempurna untuknya ketika dia tidak mampu melakukan amal)

Kelima
Kemudahan dan kelonggaran yang diberikan oleh syari'at Islam serta
kelengkapannya

Keenam
Tata cara bersuci bagi orang yang sakit

Ketujuh
Tata cara shalat bagi yang sakit

Kedelapan
Shalat di kapal laut, pesawat, kereta, mobil, atau hewan tunggangan


Kemudian, Syaikh membuka buku ini dengan hadits (yang artinya),
"Shalatlah dengan cara berdiri, jika kamu tidak mampu maka sambil duduklah,
jika kamu tidak mampu maka berbaringlah ke satu sisi." (HR. Bukhari).

dan juga ayat (yang artinya),
"Maka bertaqwalah kalian kepada Allah menurut kesanggupan kalian." (At
Taghaabun: 16).



Pada ringkasan ini saya bawakan dari bab ketujuh yaitu Tata Cara Shalat Bagi
Yang Sakit. Karena alasan agar ringkasnya tulisan ini, maka saya hanya
menyertakan beberapa point saja, dan hanya membawakan sebagian footnote yang
ada. Selain itu takhrij hadits yang ada di buku ini tidak saya sertakan
semuanya.
Inilah Tata Cara Shalat Bagi yang Sakit.


[Tata Cara Shalat Bagi Yang Sakit]
----------------------------------
1. Orang yang sakit yang tidak mengkhawatirkan sakitnya bertambah parah
wajib untuk melakukan shalat fardhu dengan berdiri. Berdasarkan firman Allah
Ta'ala:

"Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'." (Al Baqarah: 238).


2. Jika orang yang sakit mampu berdiri ketika shalat dengan memakai tongkat
atau bersandar di dinding atau orang di sampingnya, maka dia harus berdiri.
Berdasarkan hadits Wabishah radhiyallahu'anhu dari Ummu Qais
radhiyallahu'anha:

"Bahwasannya ketika Rasulullah Sallallahu'alaihi wa sallam telah menua dan
gemuk, beliau meletakkan tiang di tempat shalat beliau sebagai tempat
bersandar." (Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud I/264
dan al Ahadits Ash Shahihah hadits no. 319).


5. Orang sakit yang jika berdiri membuat sakitnya bertambah parah atau
mendapatkan kesulitan yang amat sangat ataupun beresiko maka hendaklah dia
shalat sambil duduk. Berdasarkan firman Allah Ta'ala:

"Maka bertaqwalah kalian kepada Allah menurut kesanggupan kalian." (At
Taghaabun: 16).

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."
(Al Baqarah: 286).


6. Jika orang yang sakit shalat sambil duduk, maka posisi yang paling afdhal
adalah bersila sebagai ganti berdiri dan sah jika dia ruku' dalam keadaan
bersila, karena orang yang ruku' itu berdiri. Berdasarkan hadits Aisyah
radiyallahu'anha dia berkata:

"Aku pernah melihat Nabi Sallallahu'alaihi wa sallam shalat sambil dukuk
bersila." (An Nasaa'i hadits no. 1662. Dishahihkan oleh Al Albani dalam
Shahih An Nasaa'i I/538).


7. Jika orang yang sakit tidak mampu shalat sambil duduk, hendaklah dia
shalat sambil berbaring menghadapkan wajahnya ke arah kiblat, dan posisi
paling afdhal adalah berbaring ke sisi kanan. Berdasarkan hadits Imran
radhiyallahu'anhu:

"Shalatlah dengan cara berdiri, jika kamu tidak mampu maka sambil duduklah,
jika kamu tidak mampu maka berbaringlah ke satu sisi." (HR Al Bukhari no.
1117.)


8. Jika orang yang sakit tidak mampu melakukan shalat sambil berbaring ke
sisi kanan, maka hendaklah dia berbaring terlentang dengan kedua kaki ke
arah kiblat. Berdasarkan hadits Imran bin Hushain radhiyallahu'anhuma dari
Nabi Sallallahu'alaihi wa sallam bahwa beliau berkata padanya:

"Shalatlah dengan cara berdiri, jika kamu tidak mampu maka sambil duduklah,
jika kamu tidak mampu maka berbaringlah ke satu sisi." (HR. Bukhari no.
1117).


9. Jika orang yang sakit kesulitan untuk shalat menghadap kiblat dan tidak
ada yang membantunya untuk menghadapkannya ke arah kiblat, maka hendaklah
dia shalat sebatas keadaannya.


11. Jika dia tidak mampu melakukan shalat dengan semua keadaan di atas, maka
hendaklah dia shalat dalam hati.


14. Orang yang sakit wajib untuk menunaikan setiap shalat tepat pada
waktunya dan melakukan semua hal wajib yang dia mampu. Jika berat atasnya
menunaikan semua shalat tepat pada waktunya, maka dia boleh menjama' shalat
dzuhur dengan shalat ashar dan shalat maghrib dengan shalat isya', baik
dengan cara jama' taqdim ... ataupun jama' ta'khir.


15. Orang yang sakit tidak diperbolehkan meninggalkan shalat dalam keadaan
apapun selama akalnya masih sadar.... Dia wajib menunaikannya pada waktu
yang telah disyari'atkan sebatas kemampuannya.


16. Jika orang yang sakit tertidur hingga lewat waktu shalat ataupun lupa,
maka dia wajib menunaikannya ketika bangun dari tidurnya atau setelah
mengingatnya.





[PERSONAL VIEW]
---------------
Sakit bukan merupakan halangan untuk melaksanakan shalat.
Tidak gugur kewajiban shalat karena sakit.
Orang yang sakit tetap harus melaksanakan shalat. Alhamdulillah, dalam Islam
ada kemudahan. Bagi orang yang sakit maka diberikan keringanan keringanan.
Misalnya bila seseorang tidak mampu berdiri, maka dapat mengerjakan shalat
dengan duduk, karena memang tidak mampu untuk berdiri. Shalat harus
dilakukan sesuai kemampuannya. Firman Allah Ta'ala (yang artinya)

"Maka bertaqwalah kalian kepada Allah menurut kesanggupan kalian." (At
Taghaabun: 16).
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."
(Al Baqarah: 286).
"Allah menghendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak menghendaki kesukaran
bagi kalian." (Al Baqarah: 185).
"Dia sekali kali tidak menjadikan untuk kalian dalam agama suatu
kesempitan." (Al Hajj: 78).


Dari buku ini pula kita dapat mengetahui bahwa dalam beragama itu kita perlu
ilmu. Tidak bisa hanya berbekal semangat untuk beribadah tanpa ilmu. Bila
tanpa ilmu, maka seseorang akan terbebani dirinya dengan memaksa diri dan
bersikeras melakukan shalat dengan berdiri padahal dirinya tidak mampu untuk
berdiri. Atau dengan memaksa dirinya untuk berwudhu dengan air, padahal
kondisi dirinya akan semakin parah bila berwudhu. Dari buku ini ada pesan
ilmiyah yang tersirat bahwa kita dalam beragama itu perlu ilmu, sehingga
kita mengetahui bahwa dalam agama ini ada kemudahan. Sehingga kita tahu
bahwa dalam agama ini ada keringanan.

Jadi kenapa sebagian kaum muslimin tidak mau menuntut ilmu agama?
Comment untuk ibu : sayangilah kelas 11 IS 2 seperti ibu menyayangi kelas yang lainnya bu....cerita ini menceritakan tentang sholat dalam keadaan sakit jadi meskipun sakit kita tetap harus sholat tapi allah swt memberi keringanan jika sedang sakit seperti kita bisa sholat sembari duduk jika tidak bisa berdiri dan sholat sembari tidur jika kita tidak bisa sholat sembari duduk dan tetap wajah kita menghadap ke arah kiblat... dan jika tidak bisa melakukan itu semua kita bisa sholat dalam hati

Anonim mengatakan...

Judul buku : I Don't Care
Pengarang : rayni N. Massardi
Penerbit : GRAMEDIA
Rilis : 2008
Halaman : 168
Bahasa : indonesia
Harga :Rp.30.000


Kumcer bergaya chicklit ini sebagian besar bercerita tentang orang-orang yang super sibuk dengan ritme gaya hidup yang super cepat. Seringkali hidup berjalan tak sesuai rencana dan terjebak dalam situasi yang tak keruan. Seakan berjalan dalam lingkaran setan, membuat ingin berteriak I DONT CARE! Rayni N Massardi, lulusan Universitas Paris III Sorbonne Nouvelle, Paris, ini berhasil memotret situasi tersebut dan mengolahnya kembali dalam bentuk cerita pendek yang ringan, menghibur, mengusik, dan terutama asyik untuk dibaca.

Sebuah potret begitu saja, dengan satu modal yang makin langka: jujur. Dan kejujuran mencuatkan situasi paling tragik dari kemanusiaan kita: apapun di dalam diri maupun di luar kita ini sebenarnya, nothing. Sebuah potret sederhana, tanpa ambisi, tanpa nafsu heroistik, tanpa pretensi literer, bahkan untuk diri atau subyektivitasnya sendiri. (Radhar Panca Dahana, budayawan, penulis)

Anonim mengatakan...

tugasnya mega dwijayanti
11ipa 2
jangan lupa di nilai ya ibu...!!

1 pilihlah kata yang tepat untuk menyempurnakan kalimat dibawah ini

a. Mereka sedang membicarakan SUATU program pengembangan kompetensi siswa.
b. Sebagai SEORANG perempuan ia juga berhak menggeluti dunia pendidikan.
c. Kedatangannya disambut SELAIN oleh para guru teladan juga oleh para siswa berprestasi.
d. Ia memerlukan uang untuk menyelesaikan SUATU hal yang tidak mau disebutkan.
e. Dia menemui SESEORANG di ujung jalan itu.


2. lengkapi kalimat dibawah ini dengan kata suatu,sesuatu,seorang,seseoarng,kecuali atau selain.

a. Dia datang dengan SESEORANG yang mengaku dari dinas pendidikan.
b. kamu harus menceritakan SUATU peristiwa yang pernah kamu alami.
c. Ayah Budi SEORANG pekerja keras
d. Keributan itu dipacu oleh masalah sepele SELAIN masalah pribadi
e. Jangan memberikan SESUATU kepadanya.
f. Kamu boleh memakan buah-buahan KECUALI salak dan durian
g. Dia tidak akan berubah KECUALI kamu menasihatinya
h. Pendidikan moral sangat penting untuk meningkatkan martabat SESEORANG
i. Ada SUATU hal yang dirahasiakan sampai saat ini
j. Untuk mencapai kesuksesan kamu harus rajin belajar SESUATU selain berdoa

3. Indah akan membelikan SESUATU kepada ibunya
Dona sedang melakukan SUATU percobaan dihalaman


4. Lulu menemui SEORANG presiden di istana negara.
Arya berteriak memanggil SESEORANG yang disangka temannya.

5.SELAIN Warna Merah Dwi juga menyukai warna Biru
Dika menyukai semua jenis olahraga KECUALI bermain bola basket.

Anonim mengatakan...

ibu neh tambahan nya tapi maaf saya toro sini masalahnya gak da tempat tugasnya.

Mega dwijayanti 11 ipa 2

3 Ada SESUATU yang Ami rahasiakan dari orang tuanya
Pada SUATU hari Putri berlibur ke rumah paman di Bandung

4 Yudi melihat ada SESEORANG yang sedang masuk ke rumah Amir
Anto adalah SEORANG pelajar yang rajin

5 Prita dan Tika memasuki semua kelas Kecuali kelas Eka
SELAIN hari senin dan rabu Siwi selalu sibuk dengan lesnya

Anonim mengatakan...

aSs...
soRe ibu...
saya mahasiswi universitas sriwijaya palembang


saya mau menyontek sedikit resensi novel d blog ini
heheh
soalnya saya ada tugas mid...

tpie...
untuk resensi di blog ini saya hanya mengambil inti ceritanya saja, karena untuk secara utuh resensi ini kurang lengkap...
:)

Wss...

iagh...
ne email saya
double90@yahoo.com